Reporter : Andrew Woria

Serui – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen mulai mempersiapkan lokasi peringatan hut RI ke-76 tahun 2021, yang akan berlangsung di beberapa titik. Hal ini sesuai dengan instruksi Menteri Sekretaris Negara, di mana setiap pelaksanaannya mengutamakan protokol kesehatan dan dilaksanakan sederhana di kantor pemerintah daerah setempat.  Secara khusus bagi Kabupaten Kepulauan Yapen akan dilaksanakan upacara bendera peringatan detik-detik proklamasi di halaman kantor Bupati Kepulauan Yapen, disana nantinya bertindak sebagai inspektur upacara adalah wakil Bupati, Frans Sanadi, B.SC S.Sos, MBA, serta dilanjutkan dengan mengikuti peringatan detik-detik proklamasi secara nasional melalui zoom miting di gedung silaspapare.

Sementara Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, Sos dipastikan akan mengambil bagian sebagai inspektur upacara detik-detik proklamasi di 5 kampung pada distrik Yapen Selatan, yang akan dipusatkan di lokasi monumen kasih kampung Serui laut. Hal ini pun dibenarkan oleh Koordinator Panitia HUT RI ke-76 lokasi Mokas (Monumen Kasih), Edi Noca Mudumi kepada kepyapenkab.go.id.

” Ada sejumlah sub-sub upacara diantaranya di Mokas bersama 5 kampung di distrik Yapen Selatan. Selain itu digelar juga upacara di Distrik Kosiwo di Ambaidiru yang dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan tower komunikasi  bakti kominfo oleh Bupati Kepulauan Yapen, sementara di distrik Yapen Timur akan digelar di Dawai dengan Koordinator adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja, ujarnya.

Dijelaskan oleh staf ahli Bupati bahwa upacara peringatan detik-detik proklamasi ini disesuaikan dengan juklak yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat dengan tetap berpedoman kepada protokol kesehatan.

(Foto : Andrew Woria)