Reporter : Andrew Woria

Serui – Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, didampingi Sekretaris Daerah Ir Alexander Nussy, serta Inspektur Kepulauan Yapen, Jan Alex Kiriwenno pada hari Kamis, 29/07/2021 mendatangi 6 OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen. 6 OPD tersebut antara lain adalah Bappeda Kabupaten Kepulauan Yapen, Satpol-PP Kabupaten Kepulauan Yapen, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung,  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, serta Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kepulauan Yapen.

Bupati Tonny menyebutkan bahwa Tujuan sidak yang dilakukan kali ini untuk meninjau kinerja pelayanan dari masing masing pimpinan OPD beserta stafnya terkait dengan survei pelayanan publik yang di nilai di tahun 2020 dimana Kabupaten Kepulauan Yapen mendapatkan hasil nilai Disclaimer, atau tidak bisa dinilai karena NOL. Selain itu juga dicek secara langsung oleh Bupati, terkait Pimpinan OPD dalam memanage staf nya dalam pandemi covid 19 termasuk berapa banyak pegawai yang telah melakukan Vaksinasi, serta mengecek seberapa banyak pegawai yang terpapar dan melakukan isoman.

Bupati Tonny menyebutkan bahwa pelayanan kepada masyarakat ini pertama kali dinilai dari kehadiran. Baik juga kehadiran pimpinan di kantor, sehingga dari kunjungan ini juga ada laporan dari staf bahwa ada sejumlah pimpinan OPD yang jarang sekali melakukan tugasnya di kantor, bahkan dalam sebulan bisa 4 kali masuk kantor. Hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi bagi Bupati dan akan dilakukan pembinaan tetapi jika tidak ada perubahan maka akan ditarik karena pimpinan yang tidak bisa memberikan contoh yang baik bagi staf nya. Kunjungan ke sejumlah OPD ini bukan hanya kali ini saja tetapi akan berlanjut ke Minggu Minggu selanjutnya.

Di Dinas PTSP, Bupati Tonny menyebutkan bahwa PTSP harus menjadi Contoh bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang selama ini memberikan nilai positif di kabupaten Kepulauan Yapen dimana dari sekian penilaian pelayanan kepuasan masyarakat terhadap pemerintah, nama kabupaten Kepulauan Yapen bisa terangkat dari PTSP ini. Ia berharap agar kantor pelayanan publik lainnya juga harus terus meningkat semangat nya guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat ditengah pandemi covid-19.

(Foto : Andrew Woria)