Reporter : C.R.I

Serui – Meningkatnya jumlah kasus positif covid-19 di Kepulauan Yapen, menjadikan Pemerintah dan seluruh stakeholder meningkatkan kewaspadaan, itu sebabnya pada hari ini selasa, 20 Juli 2021, Tim Satgas Covid-19 kabupaten Kepulauan Yapen melakukan tracking pada 136 penumpang KM. Labobar tujuan Serui.

Saat ditemui media, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, dr. Andi Raya Sarjatno melaporkan bahwa pada hari ini sesuai data manifest, penumpang tujuan Serui berjumlah 136 penumpang, namun setelah tiba di Pelabuhan hanya 99 orang yang mendaftar kepada pihaknya guna dilakukan testing dan tracing. Untuk diketahui dari 99 orang yang terdaftar tersebut hanya 80 orang (OAP 27/Non OAP 53) yang di swab antigen, sebab diantaranya merupakan kategori anak. Dr. Andi juga melaporkan bahwa dari 80 orang yang telah di swab antigen, terdapat 8 orang yang positif.

Terkait penanganan penumpang yang terindikasi positif selanjutnya, dr. Andi Raya menjelaskan bahwa pihaknya akan memberikan data penumpang tersebut ke puskesmas wilayah kerja terkait guna dilakukan pemantauan.

“Nanti datanya akan kami berikan ke puskesmas wilayah kerja terkait, untuk dilakukan pemantauan, jika mereka ada gejala maka untuk terapinya akan kami mintakan dari RSUD Serui” tandasnya.  

Tidak hanya itu Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menyarankan kepada para penumpang yang terindikasi positif, untuk melakukan isolasi mandiri selama 10 – 14 hari.

Terpantau turut hadir dalam kegiatan testing dan tracing tersebut Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny R. Tania, S.IP., didampingi Kadis Kesehatan Pemda Kep. Yapen, Karolis Tanawani, SKM, MPH, beserta Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Kep. Yapen, dr. Andi Raya Sarjatno, Kabid P2P Dinas Kesehatan, dr. Franklin Numberi, SKM, Mars., Kepala KPLP Serui, Martinus P. Wayoi, Karantina Kesehatan Pelabuhan,  Purnomo, PJ. Karantina pertanian Wilker Serui, drh. Geffari Renggu, KKP Wilker Serui, Walpajrin Bahar, Amd.Kep serta jajaran TNI dan Polres Kepulauan Yapen.

(foto dan video : C.R.I)