Reporter : Robby Mesak

Serui – Menjadi Program kerja Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2021 telah merencanakan kegiatan beberapa waktu lalu dengan melakukan Donor Darah di distrik Yapen Selatan dan distrik Yapen Barat.

Ketika diwawancarai media, Selasa, 12/07/2021. Yohanes G Raubaba mengatakan PMI dan Dinas Kesehatan Kepulauan Yapen Melakukan Sosialisasi dan melaksanakan Donor Darah, Pemeriksaan Malari dan Juga Pemeriksaan HIV oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) bagi masyarakat di kampung ansus dengan melibatkan Tenaga Medis dari Puskesmas Yapen Barat.

“Kita tahu bersama bahwa hari ini banyak permintaan golongan darah yang setiap saat harus di sediakan, dan salah kendala yang dihadapi yaitu sampai saat ini PMI Kepulauan Yapen belum memiliki Bank Darah, untuk saat ini masih bekerja sama dengan RSUD Serui untuk meminjam Bank Darah mereka untuk penyimpanan.” ujarnya.

Ketua PMI menyampaikan   penyimpanan ini juga darah tidak disimpan lebih dari 1-2 bulan, sehingga setelah melakukan pemeriksaan golongan darah, PMI memberikan kartu donor darah, sehingga sewaktu-waktu begitu ada kebutuhan untuk mendonor darah, PMI akan menghubungi dengan data yang sudah terdaftar. Disamping itu juga PMI memiliki Call center yang siap 24 Jam,  tandasnya.

(Foto : Istimewa)