Reporter : Andrew Woria

Konti – Bertepatan dengan pencanangan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Cenderawasih di Kabupaten Kepulauan Yapen, pada hari Selasa, 29/06/2021, berlangsung juga Pencanangan Sekolah Pendidikan Kristen, Charis School serta Sekolah Sepanjang Hari bagi 7 Sekolah yang merupakan Pilot Project pada 5 Distrik Di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa SSH ini baru dicoba di 7 sekolah di 5 distrik. Ia berharap agar anak-anak ini nanti akan siap untuk mendapatkan pendidikan IT, bahasa Inggris yang baik, sehingga bisa cerdas serta harus bisa memproteksi diri dengan iman yang kuat, sehingga anak-anak ini bisa menjadi orang-orang yang cerdas dengan memiliki karakter iman. Sistim di sekolah ini bukan baru, diluar Papua disebut dengan full day school.

Sekolah Charis juga sebagai contoh yang ingin di kembangkan dan diharapkan bisa menjadi tempat belajar bagi guru-guru di Yapen, yakni dengan membantu meningkatkan kemampuan guru- guru di kabupaten Kepulauan Yapen ujarnya.

Paul Andrew Richardson, Direktur  Yayasan Charis kepada media menyebutkan bahwa, dirinya berterima kasih kepada Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos yang memiliki visi dan misi sangat kuat untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Kepulauan Yapen, dengan menggandeng Yayasan Charis. Dirinya pun menanggapinya dengan penuh semangat dan akan mendatangkan tenaga guru untuk membuka sekolah Charis dengan bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Sementara itu, Janio Ximenes selaku kepala sekolah Charis School Kepulauan Yapen juga menambahkan bahwa sejauh ini antusias masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen begitu tinggi untuk tahun ini, oleh sebab itu sekolah Charis sudah membuka pendaftaran bagi kelas 1 SD yang telah berjalan selama seminggu ini, dimana sebanyak 20-an orang anak-anak SD telah mendaftarkan diri dan hingga kini charis school masih membuka pendaftaran bagi anak-anak dengan jumlah kuota sebanyak 40 orang anak.

(foto dan video : C.R.I)