Reporter : Andrew Woria 

Serui – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen melalui Dinas Kesehatan, membantah ada penambahan 151 kasus Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Yapen. Hal ini dijelaskan menyusul pemberitaan yang dinaikan oleh salah satu media cetak di Papua edisi 28 juni 2021. Yang menyebutkan bahwa terjadi penambahan 299 Kasus di Papua, Yapen paling banyak pasien sebanyak 151  Orang.

Kepada www.kepyapenkab.go.id, Kepala Dinas Kesehatan, Karolus Tanawani, M.Kes menjelaskan bahwa tren kasus covid-19 di kabupaten Kepulauan Yapen mengalami penurunan tren sejak 16 Februari 2021 hingga pada 25 Juni 2021 ditemukan 5 kasus baru yang mana 2 orang diantaranya sedang dirawat di ruang isolasi RSUD, sementara 3 Orang lainnya tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

“ Jadi Perkembangan Kasus baru kita sampai hari ini, hanya 5 Kasus baru. Nah dengan adanya 5 kasus baru ini saya sudah perintahkan kepada kepala – kepala puskesmas untuk melakukan testing, tracing terutama menggunakan rapid antigen. Sementara yang di RSUD ditangani langsung oleh tim dokter di RSUD “ ujarnya.

Karolus juga menjelaskan keadaan umum dari orang yang terpapar covid serta menjalani isolasi mandiri di rumah telah dipantau dengan kondisi stabil dengan fisik yang masih kuat, berbeda dengan yang sedang di isolasi di RSUD saat ini, yang memiliki kondisi keadaan umumnya sudah sesak. 5 orang pasien  ini adalah pelaku perjalanan dari luar Papua ( Jawa) dan  di pastikan belum pernah mendapatkan Vaksin Covid-19.

“ jadi  informasi covid -19 yang diberitakan oleh media cetak per tanggal 28 juni 2021 tersebut, tidak berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Saya bantah data itu dan kami tanggal 25 juni 2021 telah mengklarifikasi data by name by addres kasus covid-19 di kabupaten Kepulauan Yapen, kami sudah kirim ke dinkes provinsi. Jadi data itu secara resmi saya bertanggung jawab dan saya membantah itu “ ujarnya.

Kadinkes juga menghimbau kepada warga masyarakat di Kepulauan Yapen untuk tetap mentaati Protokol kesehatan, karena perkembangan mutasi Virus Covid-19 delta telah ada ditengah tengah kita. Tak hanya itu, warga juga dihimbau untuk divaksin covid-19 karena dengan divaksin dapat membantu memperkuat imun tubuh ketika terpapar dengan covid-19.

(Foto : Andrew Woria)