Reporter : Andrew Woria

Konti – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen Jumat, 25 Juni 2021 melakukan kegiatan pemantauan langsung bangunan gedung serta lokasi yang akan dijadikan sebagai gedung kampus Universitas Cendrawasih di Kepulauan Yapen. Kegiatan ini langsung dipantau oleh Bupati Kepulauan Yapen yang didampingi oleh asisten 1 Pemerintahan serta sejumlah pimpinan OPD serta kepala distrik Yawakukat.

” Jadi kita hari ini Kita tahu bersama bahwa pemerintah daerah telah melakukan MOU dengan Rektor Uncen yang berkaitan dengan rencana pembukaan Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan dari fakultas MIPA di Kabupaten Kepulauan Yapen, dan yang kita lakukan dengan bapak Rektor sudah diputuskan dalam suatu rapat senat dan sepakat bahwa ke depan nanti Uncen akan membangun kampus di luar Jayapura, yaitu di Kabupaten Kepulauan Yapen yang kita sebut dengan kampus 2 ” ujarnya.

Bupati Tonny menyebutkan bahwa prodi yang dibangun ini akan ditingkatkan secara bertahap, dan pada tahap awal ini dimulai dari ilmu perikanan dan kelautan.

” Kita berharap akan bisa kita tingkatkan atau kita gabungkan dengan beberapa sekolah tinggi yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen ini, sehingga menjadi satu Universitas Negeri, yang bisa menjadi tempat pendidikan untuk bidang-bidang studi yang lain atau yang sudah ada disini untuk kita kembangkan.” ucapnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa posisi Kabupaten Kepulauan Yapen sangat strategis dan ini telah dibuktikan, dimana dulu pada zaman Belanda Kabupaten Kepulauan Yapen ini atau Serui dijadikan tempat Pendidikan, oleh sebab itu dengan adanya hal ini maka akan membuat satu tonggak kembalinya Kabupaten Kepulauan Yapen atau kota Serui ini sebagai Kota Pendidikan, yang dimulai dengan hadirnya ilmu Perikanan dan Kelautan, Universitas Cendrawasih di Kabupaten Kepulauan Yapen.

(foto dan video : C.R.I)