Reporter : Robby Mesak

Serui – Dalam rangka memberikan Penguatan Tugas dan Fungsi Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Serui, sekaligus sosialisasi dan penyerahan 6 (enam) RAPERDA yang telah diharmonisasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Rabu, 02/06/2021. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba, S.H., M.Si., didampingi Kepala Divisi Pemayarakatan Kusnali A.Md.I.P, S.Sos, M.H., beserta rombongan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Kakanwil Kemenkum HAM Papua disambut baik oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, Sos. dan Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA., didampingi Sekretaris Daerah, Ir. Alexander Nussy, MM., Ketua DPRD Yapen, Forkompinda dan Pejabat lainnya.

Bertempat di Gedung Silas Papare Serui kegiatan tatap muka, Kakanwil Kemenkum HAM Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba, S.H., M.Si., menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pemda Kepulauan Yapen, sudah menyambut baik kedatangan kunjungan kerjanya.

Kakanwil Kemenkum HAM Papua, mengatakan kunker tersebut merupakan salah satu upaya untuk menjalin silaturahmi, dan selain itu melakukan audiensi dan sosialisasi

“Saat ini lewat kinerja Kemenkum HAM dan Perintah dari Bapak Menteri Hukum dan HAM yaitu Kerja Cepat (Speed up) diukur pada kerja cepat, kerja kerja keras dan kerja produktif” ungkapnya.

“Negara hadir harus memberikan sebuah dampak bagi masyarakat, sehingga hal-hal yang berkaitan dengan hukum dan HAM, menjadi keseriusan kami serta tentu sinergitas ini akan ditindaklanjuti yang memiliki dampak langsung terhadap Masyarakat.” Tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan Kakanwil Kemenkumham Papua dan rombongan.

“Selamat pulang kampung Bapak Kepala Kemenkumham, Terima kasih karena akan terbantu dengan bebagai program terutama berkaitan dengan masalah hukum dan HAM, akan menjadi catatan maupun rekomendasi yang nantinya kami Pemerintah Daerah akan menindaklanjuti itu. Jelasnya Apa yang Kakanwil sampaikan terkait kekayaan intelektual dan harmonisasi potensi-potensi lokal masyarakat kita yang ada di Yapen, kami bersyukur karena beliau bisa datang langsung dan bertatap bersama kami pemerintah daerah”, tutupnya.

Setelah itu dilakukan penyerahan 6 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Kepulauan Yapen yang diharmonisasi oleh Kemenkum HAM Papua, kepada Bupati, Tonny Tesar, S.Sos dan Ketua DPRD Kepulauan Yapen, Yohanes  G. Raubaba serta penandatanganan MoU terkait Proses Legislasi dan Perancangan Peraturan daerah dan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, dalam meningkatkan daya saing dan investasi Daerah.

(Foto & Vidio : Robby Mesak)