Reporter : Robby Mesak

Serui – Aparat dan Perangkat Kampung, Tenaga Ahli, Pendamping Distrik juga Pendamping kampung mengikuti Sosialisasi Pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa 2021, di Balai Kampung Manaini Distrik Yapen Selatan kabupaten kepulauan Yapen, Senin, 26/05/2021.

Tenaga Ahli Tingkat Kabupaten Kepulauan Yapen, Ester Felle,  ketika di wawancarai media Humas Pemda mengatakan, sosialisasi Pendataan SDGS Desa 2021 atau Pemutakhiran data IDM berbasis SDGS Desa bertujuan untuk pembangunan desa.

“Sosialisasi ini untuk meningkatkan sinergitas guna percepatan Pencapaian tujuan SDGs Desa merupakan tindak lanjut instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tentang pemutahiran data,” ujarnya.

Jadi kegiatan ini untuk mengenalkan ke tingkat kampung bagaimana tataran pelaksanaan nanti agar pada saat pendataan tidak terjadi gejolak sosial, tapi yang lebih penting yakni data yang tersaji nanti memotret kondisi real di tingkat Kampung

Maksud dan tujuan pendataan SDGs (Sustainable Development Goals) Desa ialah mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.

Tujuan pendataan SDGs Desa ialah :

  1. Menyusun Pokja Relawan Pendataan Desa
  2. Memutakhirkan data pada level desa
  3. Memutakhirkan data pada level rukun tetangga
  4. Memutakhirkan data pada level keluarga
  5. Memutakhirkan data pada level warga
  6. Menganalisis data sesuai kaidah SDGs Desa
  7. Merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis SDGs Desa.

Sementara itu ditambahkan oleh Veronika Yawandare selaku pendamping distrik mengatakan, dengan melibatkan unsur masyarakat dan tokoh masyarakat dengan harapan data yang tersaji nanti memang data real kondisi masyarakat di desa tersebut.

Hadir dalam kegiatan Bimtek, Tenaga ahli Tingkat Kabupaten Sonya Pangkali pendamping Lokal Kampung, Fatima dan Vero Pairi, Staf Distrik, Egi refal Rerei dan Aparat Kampung Manaini, Kepala Kampung dan Aparat Kampung Manaini.

(Foto – Vidio : Robby Mesak)