Reporter : Robby Mesak

Serui – Pemerintah Kampung Manaini Kabupaten Kepulauan Yapen menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa, Senin, 26/04/2021.

Kepala kampung Manaini, Hendrik Alex Oropa mengatakan, bimtek tersebut melibatkan pendamping kampung, pemerintah distrik Yapen Selatan serta berbagai unsur lainnya.

“Sesuai instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, hal ini dilakukan untuk memastikan program pembangunan dilakukan secara tepat berdasarkan kebutuhan masing-masing Kampung.” ujarnya.

Hendrik menyampaikan, amanat menteri, implementasi SDGs desa diawali dengan adanya data valid, akurat, berkesinambungan, dan update di setiap kampung sekaligus membentuk relawan terkait pemutakhiran data kampung berbasis aplikasi.

“Pemutakhiran data tidak sulit, karena sudah dilakukan uji coba, apalagi dibantu oleh DPMD dan pendamping kampung, kita tinggal menyiapkan operator untuk dilatih,” ujarnya.

Sementara itu, pendamping distrik, Veronika Yawandare mengatakan, pemutakhiran data berbasis SDGs Desa tersebut akan memberikan gambaran riil terkait kondisi kampung dan masyarakat kampung.

“Arah kebijakan SDGs Desa dilakukan untuk mempermudah kepala kampung dalam menentukan kebijakan-kebijakan pembangunan berdasarkan kebutuhan riil masyarakat desa” ujarnya.

Terpantau media Humas Pemda, hadir  Tenaga ahli, Ester Felle dan Sonya Pangkali pendamping Lokal Kampung Fatima dan Vero Pairi, ketua Tim Pokja,  Alberth Aronggear, bendahara kampung  Manaini, Anculis Patai serta Staf Distrik, Egi refal Rerei dan Aparat Kampung Manaini.

(foto : Robby Mesak)