Reporter : Robby Mesak

Biak – Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos didampingi Ketua DPRD, Yapen Yohanes G. Raubaba, S.Sos, hadir dalam Upacara Penerimaan Kirab Api PON XX Papua 2021 di halaman kantor Bupati Biak Numfor. Senin, 27/09/2021 hari ini, setelah Kirab Api PON XX Papua 2021 dari Kota Sorong tiba di Kota Biak sebagai tuan rumah untuk wilayah Saireri.

Obor Api PON XX Papua 2021 tiba di Kota Biak dibawa langsung oleh atlet legendaris Indonesia atau pahlawan olahraga di Tanah Air.  Dua mantan atlet legendaris Yayuk Basuki dari cabang olahraga tenis dan Pino Bahari dari tinju memegang api abadi bersama dengan atlet berprestasi asal Papua, Maria Aibekob (loncat indah), Lisa Rumbewas (Angkat besi) dan Franklin R Burumi (atletik).

Upacara penyambutan Kirab Api PON XX Papua 2021 di halaman kantor bupati Biak Numfor, dipimpin langsung Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd sekaligus menerima  Kirab API PON XX Papua 2021 tiba dan bermalam di Kota Biak.

Bupati Tonny Tesar, S. Sos mengatakan pelaksanaan Kirab Api PON XX Papua 2021 ini, menunjukkan kepada kita, bahwa kebersamaan  seluruh Pemerintah dan Masyarakat adat di Tanah Papua memberikan dukungan sepenuhnya pelaksanaan PON XX Papua 2021.

“Kami dari Wilayah Saireri mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur Papua, PB PON, dan Bapak Presiden RI yang sudah melaksanakan dan memberikan kepercayaan Tanah Papua menjadi tuan rumah, dikatakannya lagi, kita berharap pelaksanaan PON XX Papua 2021 dapat berjalan dengan nyaman, damai dan tidak ada lagi situasi pandemi COVID-19 yang bertambah  karena situasi saat ini dengan pemberlakuan PPKM,  Indonesia dan Tanah Papua sudah bisa menahan pertumbuhan penyebaran Virus Corona, Lanjut Bupati Tonny, dirinya mengajak masyarakat untuk mendoakan semua atlet-atlet  Papua agar sukses dalam prestasi, tandasnya.

Selanjutnya api abadi PON XX Papua akan mengelilingi lima wilayah adat di Papua selama enam hari berturut-turut dari 27 September – 2 Oktober 2021.

Perjalanan tersebut akan dimulai dari Biak (Saireri), Timika (Mee Pago), Wamena (La Pago), Merauke (Ha Anim), Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura (Mamta/Tabi) dan berakhir di Stadion Lukas Enembe.

Nampak hadir Sekretaris Umum PB PON Papua Elia Loupatty, Danrem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan, SE, MM, Forkopimda Kabupaten Biak Numfor dan Supiori, Para Atletik dan Tamu Undangan  serta masyarakat kabupaten Biak Numfor.

(Foto & Vidio : Robby Mesak)