49 Tahun Ikatan Keluarga Toraja di Kepulauan Yapen

Reporter : Andrew Woria

Serui – Ikatan Kerukunan Keluarga Toraja di Kabupaten Kepulauan Yapen, melaksanakan pengucapan syukur ke 49 Tahun di Kabupaten Kepulauan Yapen. Ibadah pengucapan syukur ini berlangsung di Gedung Tongkonan, pada hari Jumat, 10/09/2021 dan memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam Ibadah Syukuran ini, Ketua Klasis GKI Yapen Selatan Pdt. Resly Birahy, S.Th bertugas sebagai Pelayan Firman dimana mengangkat Firman Tuhan dari dalam kitab perjanjian lama  Mazmur 133:1-3 dengan tema berkat dari persaudaraan yang rukun. Dirinya juga menjelaskan bahwa Kerukunan merupakan dambaan dari setiap persekutuan. Terpantau Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos bersama Wakil Bupati Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA, Anggota DPRD, Pimpinan BUMN serta warga IKT Serui  turut ambil bagian dalam syukuran kali ini.

Ketua Ikatan Keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen, Roy Palunga dalam Sambutannya menyebutkan bahwa usia 49 tahun merupakan usia yang sangat dewasa bagi sebuah ormas di kabupaten Kepulauan Yapen. Hal ini patut disyukuri karena perlindungan dan penyertaan Tuhan karena sejak IKT didirikan sampai saat ini IKT masih tetap eksis menjadi 1 kerukunan keluarga yang diperhitungkan. Ia menyebutkan bahwa ketika hidup rukun di dalam Tuhan maka 50 Tahun nanti semua akan tetap berdama-sama.

Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada pengurus IKT Kabupaten Kepulauan Yapen yang ke 49 Tahun, ini usia mendekati setengah abad,  sejak dulu masyarakat Toraja sudah hidup rukun bersama masyarakat kabupaten Kepulauan Yapen. Kehidupannya warga toraja di kota serui tidak perna bermasalah dengan warga lain, hal ini adalah bentuk kerukunan dan kedamaian sebagai contoh yang baik. Pemerintah Daerah juga merasakan bahwa pembangunan yang dilaksanakan juga mendapat dukungan baik di pemerintahan, warga Toraja juga ikut mengabdikan diri sebagai ASN, tetapi juga dalam pembangunan.

Selain itu Bupati Juga menghimbau kepada warga IKT, Terkait dengan pandemi covid selain melaksanakan protokol kesehatan, tetapi juga harus vaksin guna menaikan imun tubuh. Hal ini diwujudkan oleh IKT dengan terlibat dalam program Vaksinasi bagi warga IKT, hal inipun mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Daerah. Warga ikt diminta tak lengah walaupun situasi pandemi covid 19 sedang menurun.

” Kami berharap bahwa Masyarakat IKT di Yalen akan terus rukun dan menjadi berkat bagi masyarakat kita di kabupaten ini. Saya menyampaikan kepada para sesepuh, ketua dan pengurus IKT, bahwa kami nanti di bulan juni tahun depan akan melaksanakan sidang sinode GKI di tanah Papua diwaropen. Semua tamu akan datang masuk lewat serui, sehingga kita membentuk panitia transit untuk mensukseskan sidang sinode GKI. Saya mohon dukungan dari ketua dan pengurus untuk bisa menyediakan tumpangan, untuk bisa menjadi tempat penginapan transit bagi para tamu kita. ” ujarnya.

 

Hal ini adalah tanggung jawab guna mensukseskan sidang sinode GKI ke XVIII di Kabupaten Waropen.

(foto dan video : Robby Mesak)

Leave a Reply