Tingkatkan Jam Operasi, kini giliran 4 Kampung di wilayah Distrik Raimbawi menikmati layanan PLN selama 12 Jam

Reporter : Andrew Woria

Woda – Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos kembali meresmikan layanan Listrik di Distrik Raimbawi yaitu untuk Kampung Woda, Kampung Wansma, Kampung Sawendui, dan Kampung Waindu. Tak hanya itu melalui kegiatan ini dilakukan peningkatan jam operasi sistem dawai dari 6 Jam ke 12 Jam.

Kepala Distrik Raimbawi, Aulia Habibi dalam laporannya menjelaskan bahwa ada penambahan 2 kampung yang sudah menyalah yaitu Woda dan Wansma telah menyalah, sementara ada beberapa kampung yang lambat dikarenakan pencairan dana kampungnya difokuskan ke Pamsimas.

Kadistrik juga melakukan pendampingan selama sebulan kepada masyarakat untuk mengisi token listrik. Sementara itu Manager PLN UP3 Biak, Yohanis Soedarmono menyebutkan bahwa kehadiran PLN di Raimbawi atas bantuan Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar yang secara intens menyuarakan aspirasi masyarakat tentang listrik di kampung. Listrik hadir tidak serta Merta hadir tetapi berkaitan dengan anggaran, jadi upaya agar layanan Listrik bisa hadir juga membutuhkan waktu yang lama ujarnya. Dijelaskan nya bahwa sudah 3 tahun dirinya di biak, sudah banyak terobosan yang dilakukan Bupati untuk menghadirkan listrik di kampung yang belum menikmati listrik bahkan dengan melakukan lobi langsung ke Kementerian.

Dijelaskan Manager UP3 Biak bahwa Ada 2 Unit mesin 2X200 KW untuk memenuhi kebutuhan listrik di Raimbawi serta menaikan jam menyalah dari 6 jam ke 12 jam. Ia meminta agar masyarakat dapat terus mendoakan dan mendukung sehingga gread nya dapat ditingkatkan dari 12 jam ke 24 dengan terkonek langsung dari Serui tuturnya. Yohanes juga meminta agar masyarakat dapat menjaga aset jaringan listrik baik menanam pohon dibawah jaringan listrik. Pihaknya berharap agar dengan hadirnya listrik ini dapat meningkatkan perekonomian warga. Untuk saat ini setiap pelanggan dikenakan daya sebesar 900 amper.

Bupati Tonny Tesar pada arahannya mengucapkan terima kasih kepada PT.PLN melaluy UP3 Biak yang memberikan bukti bagi masyarakat bahwa listrik telah masuk hampir sebagian besar dinikmati. Dijelaskan bahwa Indonesia telah 76 tahun merdeka, sesuai dengan tema Indonesia tangguh Indonesia tumbuh dan direalisasikan kepada masyarakat yang kini bisa menikmati listrik. Dirinya berharap agar jika PLTGM Wawuti jika telah difungsikan maka Yapen tidak akan kesulitan listrik lagi. Dijelaskan Bupati bahwa ia berterimakasih kepada masyarakat di Raimbawi karena bersama sama membantu dan peduli atas pembangunan di daerah ini.

Sementara itu Bupati juga menyampaikan agar Kepala distrik dan kepala kampung diminta untuk membantu warga yang belum menikmati listrik agar bisa membayar layanan PLN. Selain itu masyarakat diharapkan dapat tertib membayar tagihan atau dapat membeli token listrik.

Mewakili warga, Bamuskamp Kampung Sewenui menyebutkan bahwa Selama 20 tahun masyarakat disewenui tidak pernah menikmati listrik dan lampu sehingga dirinya merasa bersyukur atas upaya menghadirkan PLN yang didorong oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Pimpinan DPRD Kepulauan Yapen beserta anggota, Sejumlah Pimpinan OPD, Kadistrik Raimbawi , Kapolsek Yapen Timur, Danramil serta sejumlah Kepala Kampung dan warga masyarakat.

(Foto : Robby Mesak)

Leave a Reply