Reporter : Andrew Woria

Serui – Sebagai Upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Kepulauan Yapen,  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen melalui Satgas Penanggulangan Covid 19 melakukan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan kepada sejumlah penumpang KM.Dobonsolo asal Papua Barat (Sorong) yang masuk ke pelabuhan Serui pada hari sabtu, 24/07/2021 dimana sejak Pukul 13.48 WIT Proses penurunan penumpang dan logistik selesai dengan jumlah Penumpang Turun di serui sebanyak  254 Orang  diantaranya Laki – laki 113 Orang, Perempuan 130 Orang, Bayi 11 Orang.

Kegiatan  Pemeriksaan Dokumen perjalanan serta kesehatan ini dipantau secara langsung oleh Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Sekda, Erni R. Tania, S.IP,  Asisten II Perekonomian Sekda Ir. Edi Noca Mudumi, M.Si, Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Andi Raya Sarjatno yang di dampingi Kabid P2P Dinas Kesehatan dr. Franklin Numberi, SKM, Mars serta dari KP3 Laut, Pelni serta KKP.

Kepada kepyapenkab.go.id Kabid P2P Dinas Kesehatan dr. Franklin Numberi, SKM, Mars menjelaskan bahwa dari manifes penumpang, sebanyak 192 orang penumpang yang turun dan terdaftar untuk dilakukan pemeriksaan antigen sebanyak 182 Orang, dimana dari hasil pemeriksaan terdapat 6 Orang Positif. Dari total manifes penumpang KM.Dobonsolo yang masuk di serui, diketahui sebanyak 140 Orang Penumpang telah melakukan Vaksinasi sementara 52 Orang lain nya belum divaksin. Mereka yang turun dengan tujuan ke Dawai Yapen Timur 62 Orang, Kabupaten Waropen 22 Orang serta 108 turun di Kota Serui

Kabid P2P Dinas Kesehatan dr. Franklin Numberi, SKM, menambahkan bahwa 6 Orang Penumpang yang reaktif dalam pemeriksaan antigen kali ini berdomisili di Tarau, Gajah Mada, KPR, serta Famboaman sementara 2 orang lain nya menuju ke Kabupaten Waropen. 6 orang ini diketahui telah melakukan Vaksinasi tahap 1 dan 2. Dirinya juga menghimbau agar warga masyarakat tetap harus memperhatikan prokes dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari.

(Foto : Humas Yapen)