Pemprov Papua Setujui 4 OPD ini terpisah.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Pemerintah daerah kepulauan Yapen baru saja melakukan pelantikan pejabat eselon II, eselon III dan juga eselon IV. Pada masa pelantikan di gelombang pertama namun masih tersisa gelombang kedua yang akan dilantik dalam waktu dekat, demikian yang disampaikan langsung oleh inspektur Kepulauan Yapen, Jan Alex Kiriwenno ketika mewakili Bupati Kepulauan Yapen Wakil Bupati Kepulauan Yapen serta Sekretaris Daerah dalam apel gabungan ASN, di lingkungan Pemda Kepulauan Yapen pada hari Senin, 30/11/2020.

Dijelaskannya saat ini tengah menunggu keputusan pemerintah daerah pada sidang non APBD, yaitu tentang struktur kelembagaan yang baru, tentang struktur dan kelembagaan yang baru.

“Bupati dan Wakil Bupati telah berkonsultasi dengan pemerintah provinsi Papua, kita disetujui 4 , tambahan OPD ” ujarnya.

4 OPD diantaranya yang akan terbentuk yaitu dinas pendapatan daerah terpisah dari badan keuangan daerah, Dinas Sosial terpisah dari kantor perlindungan perempuan dan anak, Dinas perindustrian dan perdagangan terpisah dari koperasi, serta ketahanan pangan terpisah dari pertanian dan perkebunan. Kiriwenno juga mengatakan bahwa para pejabat yang memasuki masa purna tugas di tahun 2021 nantinya juga cukup banyak, sehingga hal ini menjadi kesempatan bagi jajaran ASN secara khusus eselon III, yang nantinya akan menduduki posisi-posisi tersebut melalui seleksi jabatan.

” Ini peluang ada di Bapak Ibu, pertama pejabat eselon III saya ingatkan bahwa jabatan itu amanah berkat, kalau sekian banyak yang pensiun, maka yang bergerak naik adalah eselon III.” tuturnya.

Dirinya meminta kepada para pejabat eselon III dan jajaran ASN, yang ada saat ini untuk dapat bekerja dengan baik sehingga di waktu-waktu yang akan datang, dapat dipertimbangkan melalui Baperjakat guna mengikuti seleksi jabatan yang dimaksudkan.

(Foto : Andrew Woria)

Leave a Reply