Reporter : C.R.I

Serui – Bertempat di gedung Silas Papare, Pembukaan Pelaksanaan Ujian Dinas TK.I dan TK.II Rayon Serui di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kab. Waropen Tahun Anggaran 2020, telah dilaksanakan dan akan berlangsung selama 2 (dua) hari, dimana kegiatan ini bertujuan agar pegawai ASN yang berpangkat pengatur tingkat I, gol. IId dan pegawai ASN yang berpangkat penata Tk. I, gol. IIId dapat dinaikan pangkatnya setingkat lebih tinggi dan juga, agar para ASN tersebut dapat memiliki kompetensi sesuai dengan tugas pokok jabatan yang didudukinya.

Dalam laporan panitia penyelenggara ujian dinas, disampaikan bahwa dasar hukum pelaksanaan berlandaskan pada surat edaran bersama antara ketua BKN dan LAN RI No.12/SK/1981 dan No. 193/SEKLAN/1981 tanggal 05 Agustus 1981; Keputusan Kemendagri No.103 tahun 1982 pasal 8; Peraturan Pemerintah RI No. 99 tahun 2000 Tentang Pelaksanaan Ujian Dinas di Lingkungan Department Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah; Radiogram Gubernur Papua No. T864/2336/BKD tanggal 27 Febuari 2020 Tentang Pelaksanaan Ujian Dinas Tk. I dan Tk. II dilingkungan Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota se-Provinsi Papua; Radiogram Gubnernur Papua No. T864/705/BKD tanggal 22 Juni 2020 Tentang Penundaan Pelaksanaan Ujian Dinas Tk. I dan Tk. II di lingkungan Provinsi dan Kab/ Kota; dan Radiogram Gubernur Papua No. T864/1400/BKD tanggal 25 september 2020 Tentang Pelaksanaan Ujian Dinas Tk. I dan Tk. II di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota.

Untuk diketahui Ujian Dinas ini dikuti oleh 52 orang ASN dari lingkup Pemkab. Kepulauan Yapen, yang terdiri dari 20 orang ASN Tk. I dan 32 orang ASN Tk. II, sementara untuk ASN di lingkup Pemkab. Waropen diikuti oleh 8 orang ASN Tk. I dan 20 orang ASN Tk. II, serta ujian dinas ini diawasi langsung oleh dua orang perwakilan dari BKD Provinsi Papua yakni Staf Bidang Pengembangan Karir, Yulius Ayomi sebagai pengawas peserta ujian dinas dari Pemkab. Kep. Yapen dan Staf Bidang Umum, Isak Raiwaki sebagai pengawas peserta ujian dinas dari Pemkab. Waropen.

Hadir mewakili pimpinan daerah, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Frans Sandi, B.Sc, S.Sos, MBA dimana dalam sambutannya saat membuka Ujian Dinas ia berharap dalam ujian dinas untuk Tk. I dan Tk. II ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses dengan tetap memperhatikan juga menerapkan protol kesehatan covid-19 sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Ujian dinas ini dipandang penting oleh Wabup Frans, dimana menurutnya hal tersebut telah menjadi urgensi atau sebuah keharusan yang perlu dilaksanakan dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penguatan kapasitas kompetensi sumberdaya Aparatur, efisiensi dan juga tertibnya birokrasi pemerintah guna terciptanya kinerja pelayanan publik yang prima dan berkualitas. Wabup Frans juga berpesan kepada para peserta agar kerahkan semua kemampuan dalam mengikuti ujian ini, agar dengan demikian disamping mendapatkan hasil yang memuaskan juga memperluas wawasan dan memperkuat kompetensi untuk dapat tampil sebagai sosok ASN yang setia kepada Negara, berkualitas dalam tugas dan pelayanan serta mampu menjadi teladan baik di Kab. Kep. Yapen maupun di Kab. Waropen. Tutupnya.

Usai memberi sambutan dan menabuh tifa sebagai pertanda ujian dinas dimulai, kemudian secara simbolis perwakilan BKD Provinsi Papua menyerahkan soal ujian secara resmi untuk Kab. Kep. Yapen dan Kab. Waropen kepada Wakil Bupati Kepulauan Yapen.

Terpantau turut hadir dalam pembukaan Ujian Dinas ini Staff Ahli Bupati Kep Yapen, Ken Renmaur, Asisten I Setda Kab. Kep. Yapen, Portunatus Numberi, Asisten II setda Kep. Yapen, Gokman Simbolon, kepala Bappeda Kep. Yapen dan Kadis. Pertanian Kep. Yapen serta Perwakilan Pemerintah Kab. Waropen, Staff Sub. Bidang Pensiun Bid. Mutasi BKPSDM Kab. Waropen, Viktor Sineri.

(Foto dan Video : Robby Mesak)