Meriahkan Hari Sumpah Pemuda, Bupati Tonny bersama komunitas, kolaborasi menanam terumbu karang di Teluk Sarwandori

Reporter : Robby Mesak

Sarwandori – Bertepatan dengan peringatan sumpah pemuda ke-92 tahun, di Kabupaten Kepulauan Yapen, Propinsi Papua. Team Karopai bersama Econusa berkolaborasi dengan beberapa komunitas pemerhati lingkungan yang berada di Serui antaranya, Komunitas Kopling, Komunitas STI, Indo Barca, Milanistry Serui, AL Dekor, IMI Yapen, Tim Bajalan, Serui Belum Tidur (SBT), Café Kopalika, Serui Motor Xtrim (SMX), Serui Photography, PAM Pniel Serui Pantai, Rabu (28/10) Pagi. Puncak Acara Peringatan Sumpah Pemuda ini juga dirangkai dengan penanaman terumbu karang.

Kegiatan ini langsung di hadiri oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar bersama Istri, dr. Heny Tesar dan didampingi Plh. Sekretaris Daerah Erny Tania, S.IP, Kadis Perikanan Daniel Reba, Ketua DPRD Yapen Yohanis Raubaba, Waket II DPRD Yapen Fredolin Warkawani, Babinsa, TNI AL, Basarnas dan warga masyarakat setempat.

Bupati Kabupaten Kepuluan Yapen menyampaikan atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi tim Karopai, yang mana sudah berkolaborasi dengan beberapa komuitas penggiat yang  telah melaksanakan kegiatan ini, sebagai bentuk semangat para pemuda untuk menjaga kelestarian ekosistem laut.

“Ini tanggung jawab kita, pemuda harus menjadi tonggak penyemangat untuk generasi muda dalam menjaga alam kita, membirukan laut, menghijaukan hutan dan menjaga kelestarian kabupaten Kepulauan Yapen”.

Bupati, Tonny menuturkan, kegiatan ini sangat sederhana tapi memiliki dampak dan makna yang sangat luar biasa, dengan meletakan penanaman coral ini akan berdampak bagi kelestarian kehidupan habitat laut, dimana kita memiliki potensi wisata teluk Sarwandori yang luar biasa, ada Karopai, Tondijat, Pamoi, dan Manabay, yang kita kembangkan sebagai objek wisata bahari.

“Kita memahami bersama tempat wisata menjadi tempat refleksin membuat pikiran kita fresh dan menambah semangat imunitas kita  saat pandemic covid-19 ini”. Ucapnya

Lebih lanjut, Ia menyampaikan kita harus menjaga, bahwa tempat wisata ini mempunyai dampak lingkungan, artinya jangan kita jadikan tempat wisata ini sebagai tempat sampah, tapi kita bisa menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Setelah itu, Bupati bersama team Karopai dan peduli lingkungan melakukan pengambilan bibit di area terumbu karang yang cukup sehat, setelah itu melakukan menuju lokasi yang menjadi titik penanaman terumbu karang.

Sementara itu, Andi Karubaba selaku pengelola wisata karopai menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini untuk menanam terumbu karang, agar tetap terjaga kelestarian ekosistem laut di teluk Sarwandori serta sebagai acara puncak untuk memperingati HUT Sumpah Pemudah ke-92 Tahun.

Dimana teman-teman dari beberapa komunitas, sudah melakukan kegiatan kebersihan lingkungan dan pembuatan transpalantasi penanaman terumbu karang, dengan kegiatan yang berthema birukan laut, hijaukan alam, selamatkan alam agar laut kita di kabupaten Kepulauan Yapen tetap terjaga. Ucapnya.

Dirinya, mengucapkan terima kasih atas partisipasi Pemerintah Daerah yang sudah memberi perhatian dan juga bagi teman-teman komunitas, yang mana sudah bersama berdonasi hingga terselenggarakan kegiatan ini.

(Foto/ Vidio : Robby Mesak )

Leave a Reply