Inspektorat Kepulauan Yapen pimpin Tim Verifikasi Tenaga Honorer di Yawakukat dan Angkaisera.

Reporter : Andrew Woria

Angkaisera – Verifikasi data tenaga honorer di Kabupaten Kepulauan Yapen, kembali berlangsung pada dua distrik lainnya antara lain, Distrik Yawakukat dan Distrik Angkaisera. Kegiatan ini dikoordinasikan secara langsung oleh inspektur Kabupaten Kepulauan Yapen, Jan Alex Kiriwenno pada selasa, 06/10/2020.

Kepada Humas ia menjelaskan bahwa verifikasi ini terkait dengan pengangkatan tenaga honorer dan sesuai dengan petunjuk dari Bupati Kepulauan Yapen. Menurutnya hasil verifikasi data ini cukup baik, karena langsung mendapat keterangan dari masyarakat terkait honorer yang bertugas di daerahnya masing-masing. Tak hanya masyarakat yang ditemui, timnya juga bertemu dengan beberapa kepala sekolah maupun para tenaga kesehatan. Hal ini untuk melihat serta mendata secara nyata keberadaan tenaga honorer tersebut. Menurut Inspektur, bahwa tak dipungkiri ada Tenaga Honorer yang di SK kan oleh Bupati, namun tidak melaksanakan tugasnya dengan baik. Selain itu ada juga yang mendapat kan nota dinas dan bekerja dengan serius. Selain itu juga ada ditemukan pengangkatan tenaga honorer oleh kebijakan kepala sekolah, dengan sumber dana dari dana BOS tuturnya.

Menurutnya cara seperti ini sangat efektif, karena telah tercatat ada ribuan Tenaga Honorer yang memasukan berkasnya, namun kenyataannya di lapangan tidak sesuai. Sehingga apa yang dilakukannya kali ini hanya bersifat mencatat saja serta memverikasi. Hasil kerja tim ini akan dirapatkankan secara bersama dan diserahkan kepada BKN.

Direncanakan bahwa besok tim yang dipimpin oleh Inspektorat Kepulauan Yapen ini, akan mendata serta verifikasi di wilayah distrik Kepulauan Ambai, serta lusa dilanjutkan di distrik teluk Ampimoi.

(Foto : Andreo Woru)

Leave a Reply