Pencanangan gerakan basmi lalat di Kosiwo.

Reporter : Tim Liputan

Sarwandori II – Pemerintah Daerah Kepulauan Yapen, yang dihadri oleh Bupati Tonny Tesar, bersama sejumlah Pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Anggota DPRD Kepulauan Yapen, Kepala Cabang BPR Irian Sentosa Cabang Serui, Kepala Kampung Sarwandori beserta warga masyarakat di kampung Sarwandori II pada hari senin, 05/10/2020 melakukan pencanangan gerakan basmi lalat di kampung Sarwandori. Kegiatan yang berlangsung di balai kampung tersebut dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan covid-19.

Bupati Tonny menyampaikan kepada warga kampung Sarwandori II, bahwa ini adalah pertemuannya yang ke-19 kali dengan masyarakat. Kali ini dalam kegiatan pencanangan gerakan basmi lalat yang akan berlangsung selama 30 hari di distrik Kosiwo. Untuk diketahui bahwa lalat merupakan media pembawa penyakit yang bisa memberikan dampak kepada masyarakat mulai dari diare, sakit kulit, hingga stunting. Dimana lalat identik dengan tempat sampah, oleh karena itu warga dituntut harus pola hidup sehat, lewat gerakan basmi lalat tersebut termasuk kepada Pemerintah daerah. Beberapa upaya yang dilakukan untuk membasmi lalat antara lain adalah di lokasi TPA Sarwandori, pemerintah daerah telah menebar sebuah bahan kimia seperti gula yang ditaruh di dalam tampan, yang akan dihinggapi oleh lalat dan akan mati. Selain itu dengan metode memutuskan rantai perkembang biakan telur lalat, yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dirinya berharap dengan gerakan pembasmian lalat ini, dapat mengurangi populasi lalat dan daerah wisata tersebut bebas lalat.

Selain itu Dalam pencanangan tersebut juga, Bupati memberikan 2 unit Kendaraan Operasional sampah yang diterima dari bantuan CSR BPR Irian Sentosa Cabang Serui. Salah satu kendaraan tersebut diserahkan kepada Karang Taruna kampung Sarwandori, untuk dapat membantu mengangkat sampah di kampung tersebut. Bupati berpesan agar kendaraan motor roda tiga ini dapat bermanfaat semaksimal mungkin. Selain itu dalam waktu dekat ini juga, Pemerintah Daerah akan segera memindahkan lokasi TPA Sarwandori ke lokasi baru yang telah disediakan oleh Pemda.

Sementara itu, kepala cabang BPR Irian Sentosa Cabang Serui, Jessy. J.P. Tutuhatunewa kepada humas menjelaskan bahwa apa yang diberikan oleh Bank BPR Irian Sentosa Cabang Serui ini, dapat mendukung program pemerintah terutama pencanangan kebersihan bagi masyarakat seperti yang dilakukan saat ini, yaitu gerakan basmi lalat. Selain itu diharapkan agar ke depannya BPR bisa tetap berpartisipasi aktif dengan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Yapen.

(Foto dan video : Tim Liputan)

Leave a Reply