Sertijab plt. dan sekaligus pelepasan purna tugas Kadis. Dukcapil Kab. Kepulauan Yapen.

Reporter : C.R.I

Serui – Hari ini bertempat di kantor Dukcapil kabupaten Kepulauan Yapen, secara resmi serah terima jabatan pelaksana tugas Kepala Dinas telah dilakukan, dimana Y. F. Wayangkau, S.H., M.H. selaku kepada dinas Dukcapil yang lama, digantikan dengan Harold R. Wenno, AP, M.Si sebagai pelaksana tugas kepala Dinas Dukcapil yang baru.

Dalam sambutannya Y. F. Wayangkau menyampaikan bahwa hari ini merupakan acara serah terima jabatan yang berbeda daripada yang lain secara substansinya, dimana serah terima jabatan pada hari ini dilakukan sekaligus dengan mengakihiri pengabdian seorang ASN di birokrasi pemerintah Negara dan masyarakat, menurutnya hal ini cukup unik dimana tidak semua ASN dapat mengalaminya karena sering ada ASN yang mengakhiri jabatannya dengan kondisi sehat, namun ada juga yang tidak bisa dikarenakan putus ditengah jalan dan ada juga yang mengakhiri jabatannya dengan kondisi yang kurang prima.

Mantan Kadis. Dukcapil ini juga sempat bercerita tentang jejak karirnya dalam pengabdian di Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Yapen, dimana dirinya mengawalinya sejak tahun 1 Maret 1989 dan baru aktif bekerja pada 1 April 1989 sebagai Kasubag. Pengembangan dan beberapa kali mendapatkan mutasi jabatan, hingga kini dirinya mengakhiri pengabdiannya di dinas Dukcapil.

Ia juga meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati yang juga turut hadir dalam acara sertijab ini agar gedung kantor baru dinas Dukcapil sudah dapat difungsikan 1 atau 2 bulan ke depan sehingga, pejabat baru pelaksana tugas bersama pegawai dapat bekerja di gedung baru tersebut, hal ini dipandangnya penting sebab selama 6 tahun dinas yang pimpinnya ini tidak dapat menjalankan SOP, karena suasana kantor yang lama ini daya dukungnya tidak memungkinkan untuk mejalankan SOP, atas hal ini lah dirinya juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, jika selama ini pelayanan di dinas Dukcapil masih banyak kekurangan dan juga dirinya menyampaikan permohonan maaf kepada Bupati atas insiden beberapa waktu lalu pada saat sedang lakukan sidak di kantor dinas Dukcapil.

Sementara itu Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada dua hal penting yang perlu diketahui sebagai dasar dari sertijab pada hari ini, dimana yang pertama Kadis Dukcapil yang lama telah memasuki masa puna tugas atau purna bhakti, namun pada saat ini yang bisa dilakukan yaitu penunjukan pelaksana tugas oleh Bupati yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, karena untuk pengangkatan jabatan kepala dinas Dukcapil yang baru, harus ada rekomendasi dari ditjen Dukcapil, kemendagri dan yang kedua Bupati, Tonny berharap tugas-tugas dari dinas Dukcapil ini dalam melayani masyarakat, dapat tetap berjalan sebagaimana mestinya. Bupati, Tonny juga menyampaikan atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Y. F. Wayangkau atas pengabdiannya selama ini di Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Yapen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai ASN, sementara kepada Harold R. Wenno yang saat ini juga masih menjabat sebagai Kadis DPMPTSP, yang sementara dipercayakan sebagai plt. Dukcapil, Bupati Tonny berharap agar dapat menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab agar pelayanan dinas Dukcapil ini dapat lebih baik lagi kepada masyarakat.

Terpantau turut hadir juga dalam acara sertijab pada hari ini Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc. S.Sos, MBA, plh. Sekda kab. Kep. Yapen Asisten III Administrasi Umum, Erny R. Tania, Asisten I Setda Kab. Kep. Yapen, Portunatus Numberi, kepala Bappeda, Nurhadi, kepala BKPSDM Kab. Kep. Yapen, Zakarias Sanuari, kadis Pendidikan dan kebudayaan, Saskar Paiderouw, Kadis. Perikanan Kab. Kep. Yapen, Daniel Reba, Kadis. Pariwisata Kab Kep Yapen, Niko Imbiri, para staff Setda, staff DPMPTSP serta para pegawai Dinas Dukcapil, Sat Pol PP.

(foto dan video : VJ Polanunu)

Leave a Reply