KMB Salurkan Bantuan Ratusan Peralatan Sekolah Bagi Pelajar di kampung Sasawa, Kairawi dan Narei, Distrik Yapen Barat.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Komunitas Mari Berbagi, yang tergabung dari para pegawai di sekretariat daerah Kabupaten Kepulauan Yapen pada hari Rabu, 09 September 2020 kembali menyalurkan bantuan. Kali ini ditujukan kepada adik-adik sekolah di 2 Kampung yaitu di kampung Sasawa dan kampung Narei, distrik Yapen Barat.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Ketua komunitas Mari Berbagi, Erny Tania ketika diwawancarai. Dirinya menjelaskan bahwa kegiatan ini telah berlangsung di sejumlah kampung, dengan target sebanyak 1000 buku dan alat-alat tulis serta perlengkapan sekolah kepada anak-anak. Sementara hingga saat ini, komunitas telah menyalurkan sebanyak 600 paket perlengkapan sekolah kepada anak-anak di beberapa kampung di antaranya di kampung, Makiroan, Worioi, Tindaret, serta beberapa kampung lainnya.

Selain itu, Erny menjelaskan bahwa untuk kampung lainnya akan diatur jadwalnya kemudian, mengingat kesibukannya sebagai ASN sangat padat. Sementara untuk dalam kota Serui direncanakan akan melakukan kunjungan ke SD YPK 1 Serui ungkapnya.

Di Kampung Sasawa, Komunitas Mari Berbagi berkesempatan bertemu dengan adik-adik pelajar di SD Inpres Sasawa. Kepala Sekokah SD Inspres Sasawa, Naman Mambrasar menjelaskan bahwa ada 6 orang guru di SD Inpres Sasawa, yang mendidik 49 orang pelajar. Pada momen itu juga hadir salah satu Tokoh Masyarakat di Sasawa, Fernando Worabay, yang dalam kesempatannya juga turut hadir serta memberi dukungan kepada KMB. Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih serta merima dengan tangan terbuka kehadiran Komunitas Mari Berbagi di Kampung Sasawa. Ia pun menjamin dari sisi keamanan, dirinya juga meminta agar sekolah di Sasawa untuk segera dibuka kembali karena menurutnya persoalan pendidikan sangat penting untuk generasi anak-anak Papua, yang nantinya akan membangun negeri ini diluar dari persepsi politik yang diperjuangkannya.

” Di Sasawa, saya adalah salah satu pemerhati pendidikan. Sehingga dengan kehadiran ibu-ibu dari Komunitas Mari Berbagi ini, maka saya berikan apresiasi bagi tim ini karena masih ada hati Nurani, terlepas dari politik. Karena pendidikan itu penting. ” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Desa Sasawa, Nahur Upuya, Tokoh Masyarakat, serta Anggota Komunitas Mari Berbagi. Dari Sasawa, rombongan Komunitas Mari Berbagi bergerak menuju ke Kampung Narei Distrik Yapen Barat. Di kampung ini, kembali diberikan bantuan peralatan sekolah berupa Buku Tulis, serta Tas sekolah kepada 75 orang adik-adik pelajar baik dari kampung Kairawi juga dari kampung Narei. Tak hanya itu, diberikan juga pemberian makanan tambahan bagi para siswa di kedua kampung tersebut.

Ketua Komunitas Mari Berbagi, Erny Tania dalam arahannya menyampaikan bahwa kehadiran komunitas ini adalah bentuk kepedulian dari komunitas yang telah berjalan sejak 2017 lalu. Paket yang diberikan adalah Donasi dari berbagai kalangan, tak hanya ASN tetapi juga pihak swasta di kampung Narei ini.

(Foto dan video : Robby Mesak & C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *