Gubernur Papua Melalui Staf Ahli Buka Secara Resmi Evaluasi Otsus Se Tabi dan Saireri

Reporter : Andrew Woria

Sentani – Forum Kepala Daerah Se Tabi dan Saireri akhirnya Melaksanakan kegiatan Evaluasi Otonomi Khusus Papua Di Wilayah Tabi Saireri pada hari senin, 24/08/2020. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 11.15 Wit yang dihadiri oleh Gubernur Papua yang diwakili oleh Staf ahli bidang pembangunan otonomi khusus, Triwarno Purnomo, SSTP, MSI, Anggota MRP dan DPRP di dua wilayah (Dapil 1 dan Dapil 2 para kepala daerah se Tabi Saireri diantara Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar,S.Sos,. Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, M.Si,. Walikota Jayapura, Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, Bupati Keerom, Muhammad Markum,. Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, Bupati Supiori, Drs. Jules Warikar, MM,. Forkompimda Se Tabi Saireri, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan paguyuban, tokoh perempuan, tokoh pemuda se Tabi Saireri, memasuki ruangan pertemuan para kepala daerah di tanah Tabi dan Saireri ini disambut tari-tarian adat oleh sanggar seni Honong serta tarian Perang.

Dalam sambutan Ketua Forum Kepala Daerah Tabi, Yang juga adalah Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan bahwa, sebelumnya telah dilaksanakan pertemuan lewat vidcon salah satunya adalah evaluasi otsus. Alasan harus melakukan evaluasi ini adalah sesungguhnya yang bertanggung jawab adalah pemerintah dan kabupaten kota bagian dari pemerintah provinsi Papua karena itu para kepala daerah ini harus berbicara. Mathius menjelaskan bahwa selama ini di media masa dan sosial banyak masyarakat yang mendiskreditkan kepala daerah dan elit.

“Kami bertanggung jawab terhadap ini, karena kami yang dipercayakan mengelola uang rakyat ini, hanya dengan cara ini kita bisa keluar dari perdebatan liar. Forum ini menentukan, karena itu kehadiran kita setelah ada presentasi kita akan merespon dan memberikan solusi. Kami diam tetapi hari ini dua wilayah akan menyampaikan sejelas jelasnya dan transparan apa yang telah kami terima dan kami gunakan serta tantangan dan persoalan yang kami hadapi” ujarnya.

Bupati Mathius, selaku ketua Forum menjelaskan juga bahwa maksud dan tujuan kali ini adalah melakukan evaluasi masa otsus selama 19 tahun, serta menyikapi fenomena kekinian yaitu bahwa wacana otsus gagal, atau otsus tidak memberikan manfaat. Selain itu tujuan dari evaluasi ini salah satunya yaitu memperoleh catatan konprehensif mengenai implementasi otsus di kabupaten kota pada aspek aktualisasi keuangan, ia berharap dari diskusi adanya dukungan hasil evaluasi pemerintah kota maupun kabupaten, yang dapat memuat uraiannya secara komprehensif dalam penyelenggaraan otonomi daerah umum dan otonomi khusus.

Sementara itu Dalam sambutan Gubernur Papua yang disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan otonomi khusus, Triwarno Purnomo, SSTP, MSI menyampaikan bahwa, Gubernur Papua
sangat memberikan apresiasi kepada forum kepala daerah Tabi Saireri ditengah situasi diakhir otsus ini. Ia berharap agar evaluasi dan implementasi ini bisa memberikan manfaat kepada masing-masing wilayah (Tabi dan Saireri) tetapi bisa memberikan manfaat secara umum untuk tanah Papua tuturnya.

(Foto : Andrew Woria)

Leave a Reply