Bangun Pariwisata, Bupati Tinjau Lokasi Teluk Mioka Sarawandori.

Reporter : Andrew Woria

Sarawandori – Sarawandori di teluk mioka distrik kosiwo memiliki pesona pariwisata di kabupaten Kepulauan Yapen. Hal ini pun mendapat respon yang baik dari pemerintah daerah yang pada hari Kamis, 21/08/2020 secara langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar meninjau lokasi pariwisata tersebut. Kepada Humas, Bupati Tonny mengatakan bahwa teluk ini memiliki pesona yang indah dan tidak kalah dengan daerah-daerah diluar. Ia telah beberapa kali melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk membangun daerah Sarawandori menjadi daerah tujuan wisata, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan alam ini dengan baik dan memberikan kontribusi pendapatan kepada masyarakat untuk bisa meningkatkan ekonomi. Dirinya mengakui bahwa selama ini pemerintah daerah belum menggarap potensi pariwisata di Sarawandori karena masyarakat belum membuka diri, karena mereka ingin mengelola secara tradisional. Ditambahkan Bupati Tonny bahwa beberapa waktu lalu, masyarakat adat di kampung tersebut bertemu dengannya dan menyampaikan bahwa ingin mendukung program pemerintah guna membangun daerah wisata di teluk tersebut. Hal ini pun direspon baik dan pada hari rabu, 21/08/2020 Bupati, Tonny Tesar yang didampingi juga oleh mantan Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Yapen, Wellem Z. Bonay melakukan survey bersama warga masyarakat adat di teluk Mioka tersebut.

“Kami survey dan kami akan merencanakan dengan dinas pariwisata dan juga Dinas PU, kita akan merencanakan di 2021 ini, pembangunan akses jalan masuk dari jalan utama. Tapi juga dari Dinas pariwisata untuk bagaimana menata daerah yang baru, bukan yang ada masyarakatnya, tapi yang sebelahnya kita akan membangun home stay, tetapi juga kegiatan kegiatan lain yang menunjang diatas air ini. “

Bupati berharap agar masyarakat dapat mendukung upaya program pemerintah tersebut. Dengan dukungan tersebut diyakini bahwa masyarakat akan menerima dampaknya karena akan dikelolah bersama dengan masyarakat.

Sementara Gerald Wayeni selaku seorang tokoh masyarakat di kampung Sarawandori kepada humas menambahkan bahwa mengenai program pengembangan obyek wisata dikampung Sarawandori ini, telah didorongnya sejak tahun 2000 ketika menjabat sebagai ketua Karang Taruna, hingga menjabat sebagai kepala kampung Sarawandori. Dirinya menjelaskan bahwa saat ini masyarakat di teluk Mioka siap dan ingin mendukung program pemerintah kabupaten, dalam menata Sarawandori sebagai salah satu obyek daerah wisata.

(Foto : Robby Mesak)

Leave a Reply