Kepulauan Yapen kembali Raih Opini WTP ke 5 Kali Oleh BPK RI.

Reporter : Andrew Woria

Jayapura – Kabupaten Kepulauan Yapen kembali berhasil meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 untuk kelima kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Kali ini penghargaan opini WTP diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Papua, Paula Hendry Simatupang, kepada Bupati Kepulauan Yapen, Tony Tesar dan Ketua DPRD Kepulauan Yapen, Yohanis G. Raubaba pada hari Rabu Malam, 19 Agustus 2020 di Gedung BPK RI Perwakilan Papua, di Jalan Balai Kota Jayapura, Distrik Jayapura Selatan.

Bupati menyakini bahwa hasil Opini WTP yang diberikan oleh BPK RI Perwakilan Papua adalah sesuatu yang diberikan berdasarkan standar dan kualitas serta profesionalisme dari pemeriksa terhadap laporan keuangan kabupaten Kepulauan Yapen tahun 2019. Ia berterima kasih kepada BPK RI Perwakilan Papua dan Timnya yang terus mendorong pemerintah daerah agar dapat terus bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan harapan yaitu bekerja dengan baik, jujur, bersih, transparan dan akuntabel.

Selain itu ucapan terima kasih yang sama juga disampaikan kepada seluruh staf yang terlibat dalam mempersiapkan laporan ditengah situasi pandemi covid-19, dengan pemeriksaan secara online tanpa mengurangi kualitas pemeriksaan yang dilakukan.

Bupati Tonny juga menyampaikan bahwa sudah berturut turut sebanyak 5 kali Pemda Kepulauan Yapen Menerima Opini WTP atas LKPD, sehingga beberapa saran maupun rekomendasi yang disampaikan oleh BPK tetap akan menjadi standar supaya tidak terulang lagi pada objek-objek audit. Hal yang sama kembali disampaikan oleh ketua DPRD Kepulauan Yapen, Yohanes G. Raubaba bahwa ada hal-hal yang menjadi catatan oleh BPK Perwakilan Papua dan akan menjadi perhatian oleh DPRD Kepulauan Yapen. Pihaknya juga mendukung apa yang disampaikan oleh BPK dan akan berkordinasi dengan pemerintah daerah.

Penyerahan kali ini juga disaksikan langsung oleh Inspektorat Kepulauan Yapen, Alex Jan Kiriwenno, Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Klemens Mambrasar, serta Asisten III Setda Kepulauan Yapen, Erny Tania.

(Sumber foto : Asisten III Setda Kepulauan Yapen, Erny Tania)

Leave a Reply