Wabup resmikan balai kampung Kainui II, distrik Angkaisera

Reporter : Robby Mesak

Angkaisera – Bertepatan dengan kemerdekaan RI ke-75 tahun, bertempat di distrik Angkaisera, kampung Kainui II, pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen dalam hal ini Wakil Bupati, meresmikan gedung balai kampung.

Peresmian ditandai dengan peguntingan pita dan penantanganan prasasti oleh Wakil Bupati, yang disaksikan oleh anggota DPRD Kepulauan Yapen, kepala distrik Angkaisera, kepala kampung Kainui II beserta para kepala kampung di wilayah distrik Angkaisera beserta bamuskam, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan masyarakat kampung Kainui II.

Ketika ditemui usai acara peresmian, Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA mengucapkan selamat atas peresmian gedung balai kampung ini, semoga dapat bermanfaat peruntukannya bagi masyarakat di kampung tersebut.

Sementara itu Kilion Aninam selaku kepala kampung menjelaskan terkait pembangunan balai kampung ini dimana, paska dirinya dilantik jadi kepala kampung Kainui II pada tahun 2019 silam, kemudian dirinya bersepakat bersama masyarakat dan Bamuskam untuk menggunakan dana kampung guna pembangunan kantor kampung sekaligus merupakan balai kampung, agar roda pemerintahan di kampung Kainui II ini dapat segera berjalan. Ia juga menjelaskan terkait penggunaan dana kampung untuk pembangunan kantor kampung sekaligus merupakan balai kampung ini, dimana pada tahap pertama dikeluarkan anggaran sebesar  Rp 172.258.000, namun dipertengahan pembangunan mengalami kendala, oleh sebab itu pada tahap kedua disisihkan lagi anggaran senilai Rp 29.000.000 dan akhirnya kantor kampung yang sekaligus balai kampung tersebut, telah berdiri dan siap untuk difungsikan.

Kilion juga menyampaikan terkait dana kampung Kainui II yang telah di anggarkan untuk pengembangan ekonomi masyarakat pada tahun 2019, dimana dalam kesepakatan melalui kesepakatan dalam Muskam, pemerintah kampung Kainui II telah membeli 3 unit traktor, 3 unit mesin babat, 3 unit mesin parut sagu dan pupuk subsidi dari pemerintah daerah, yang dimana semuanya itu telah dibagi langsung kepada masyarakat, tutupnya.

Selain itu, Wabup Frans juga menyampaikan bahwa selain hadir untuk peresmian gedung balai kampung, dirinya juga hadir guna mendengarkan secara langsung penjelasan program-program kegiatan pembangunan oleh para kepala kampung yang berada di wilayah pemerintahan distrik Angkaisera.

Ia juga menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah mengucapakan terimakasih dan apresiasi kepada para kepala kampung dan bamuskam, yang telah bekerjasama dengan komitmen yang baik sehingga dana kampung dari pusat yang dialirkan melalui APBD Kabupaten telah masuk ke rekening 11 kampung ini, telah dimanfaatkan sesuai peruntukannya dan juga sudah sesuai dengan ketentuan undang-undang.

(foto dan video : Robby Mesak)

Leave a Reply