Reporter : Robby Mesak

Serui – Bertepatan dengan momen Hut RI ke-75 tahun, usai memimpin upacara Wakil Bupati Kepulauan Yapen didampingi wakil ketua TP PKK bersama Wakil ketua II DPRD Kepulauan Yapen dan wakil ketua PMI Kep Yapen juga Sekretaris Dewan, melanjutkan pencanangan pemeriksaan golongan darah. Pencanangan ini dilakukan secara simbolis dengan memecahkan balon oleh Wakil Bupati, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA dan Wakil Ketua II DPRD Kepulauan Yapen, Fridolin Warkawani.

Untuk diketahui pemeriksaan gol darah ini dapat terlaksana atas kerjasama antara PMI Kepulauan Yapen dan RSUD Serui dan akan berlangsung mulai hari ini 17 Agustus 2020 hingga 17 September 2020 nanti.

Saat ditemui oleh humas, selaku wakil ketua PMI Kep Yapen, Alex Kiriweno menyampaikan bahwa alasan dipilihnya hari ini sebagai hari pencanangan, karena Republik Indonesia ini lahir bersamaan dengan terbentuknya PMI pada tahun 1945 silam, oleh sebab itu untuk bulan bhakti PMI Kepulauan Yapen, dimulai hari ini 17 Agustus 2020 dengan mencanangkan pemeriksaan golongan darah.  

Alex menjelaskan bahwa, tujuan dilakukan pemeriksaan golongan darah ini karena di Kepulauan Yapen secara khusus di RSUD Serui, mengalami keterbatasan secara khusus dalam mendapatkan darah untuk pasien yang membutuhkan, sehingga pada tahun ini PMI Kepulauan Yapen mengadakan kerjasama dengan pihak RSUD Serui untuk melakukan pemeriksaan golongan darah, agar kedepannya dapat memudahkan PMI Kep Yapen untuk mendapatkan darah ketika dibutuhkan. Ia juga menyampaikan bahwa dalam kurun waktu satu bulan ini, pihaknya (PMI Kep Yapen) akan menjaring sebanyak-banyaknya para relawan yang siap menjadi pendonor aktif memberikan darahnya untuk kemanusiaan ketika dibutuhkan nanti.

Oleh sebab itu pada momen ini dirinya selaku wakil ketua I PMI Kepulauan Yapen, menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama generasi muda usia 17 tahun – 45 tahun dapat bergabung bersama PMI Kepulauan Yapen sebagai relawan, yang akan didaftarkan dan akan mendapatkan kartu relawan.

Wakil Ketua ini juga memberikan laporan terkait hasil pemeriksaan sementara bahwa sudah ada beberapa relawan yang mendaftarkan diri dengan golongan darah yang sebelumnya susah untuk didapatkan, namun lewat pencanangan pada hari ini dapat terjaring untuk terdaftar sebagai relawan.

(foto dan video : Robby Mesak)