Reporter : Robby Mesak

Serui – Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah III C Kementerian PUPR, Dr. Ir. Doedoeng Zenal Arifin, MT didampingi Kepala Satker PJN Wilayah IX Provinsi Papua (Biak-Serui) Handayani Butarbutar, ST, MT bersama rombongan, hari ini tiba di Serui dan disambut oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir. Nurhadi Alhuri, M.Si, Kepala Dinas PUPR Kep. Yapen, D. Melantono L, ST, MT, Kepala Bidang Bina Marga Darwis, ST, MM.T, Kepala Bidang Fisik dan Prasarana, Drs. Alman Pohan, Kasie. Jasa Konstruksi Bidang Bina Marga, Alex Iklai, ST, Kasie Bidang Insfratruktur, Paul R. Dawir, ST melaksanakan Rapat Evaluasi bersama di ruang Rapat Bappeda.

Doedoeng menyampaikan dalam penyusunan rencana aksi penyusunan program dari percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat, merupakan instruksi langsung dari presiden sebagaimana janji beliau pada saat kampanye, untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat di Papua supaya bisa sejajar, minimal sejajar dengan provinsi lainnya.

“Kami membawa program dari Kementerian PUPR baik di bidang sumber daya air, bidang jalan dan jembatan infrastruktur permukiman termasuk perumahan dan salah satu diantaranya di Kabupaten Kepulauan Yapen, kami punya program besar yaitu menuntaskan lingkar atau trans Pulau Yapen, sehingga diharapkan pada tahun 2024 nanti seluruh distrik dan seluruh kampung yang ada di Yapen pesisir dari barat sampai ke timur kemudian utara hingga selatan dapat terkoneksi, sehingga dengan demikian ini bisa diharapkan untuk mendorong kesejahteraan dari masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen.” ujarnya.

Infrastruktur Ini adalah sebuah program pendukung, karena program utamanya adalah peningkatan SDM, kesehatan dan local economic development atau pengembangan ekonomi lokal, oleh karena itu kami mengajak kepada seluruh bagian dari aparatur Pemerintah baik di pusat, provinsi maupun kabupaten Kepulauan Yapen yang bergerak dalam bidang pendidikan kesehatan dan pengembangan ekonomi, untuk maju lebih dahulu sehingga nanti kami mendukung dengan program infrastruktur PUPR. ungkapnya.

Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah III C Kementerian PUPR ini berharap, agar indeks pembangunan manusia dari masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen bisa meningkat, pihaknya juga telah diskusi dengan Bappeda, agar mengkoordinasikan kepada Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas terkait dengan pengembangan ekonomi untuk menyusun masterplan pengembangan pendidikan, kesehatan dan ekonomi, sehingga bisa mendukung secara tepat dalam pembangunan infrastruktur PUPR.

Setelah melaksanakan rapat evaluasi, Kepala Bidang Pengembangan Insfratruktur Wilayah III C Kementerian dan Kepala Satker PJN Wilayah IX Propinsi Papua (Biak-Serui) bersama rombongan ditemui Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA. Dalam kesempatan itu, Wabup menyampaikan terima kasih atas nama pemerintah daerah dengan kehadiran Pemerintah pusat yaitu dari Kementerian pekerjaan umum dan perumahan RI yang langsung dibawa naungan Presiden.

“Mereka datang ini dalam rangka untuk melihat dari dekat perkembangan masyarakat kita di Papua, terutama kita yang ada di wilayah Adat Saireri yaitu Biak Numfor, Kepulauan Yapen, Supiori dan Waropen, ini dalam rangka program dan kegiatan infrastruktur yang akan mendukung pembangunan bidang pendidikan kesehatan dan perkembangan ekonomi. Kementerian PUPR hadir atas perintah Presiden dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah Saireri, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan begitu juga dengan perumahan-perumahan khusus yang nantinya diperuntukan untuk tenaga medis, tokoh Adat dan tokoh agama. ” ujar Wabup.

Dalam Rapat Evaluasi bersama Kementerian PUPR Bappeda dan Dinas PU, juga menyampaikan perkembangan infrastruktur jalan dan jembatan, yang jika dihitung tersisa ruas jalan yang harus diselesaikan adalah kurang lebih 130 km lagi dan ini yang menjadi pekerjaan Kementerian PUPR, dimana kementerian PUPR berharap pekerjaan jangka panjang sampai dengan tahun 2024 dari sekarang itu sudah bisa terselesaikan.

“Jadi ini yang menjadi tugas mereka datang hari ini, kita semua berharap dan berdoa agar apa yang menjadi rencana mereka di sini sampai dengan terlaksana nanti itu menjadi berkat bagi kita di Kabupaten Kepulauan Yapen. Tadi saya juga menggambarkan tentang perkembangan masyarakat kita di Kepulauan Yapen” ujar Wabup.

Kepala Bidang Pengembangan Insfratruktur Wilayah III C Kementerian dan Kepala Satker PJN Wilayah IX Propinsi Papua (Biak-Serui) bersama rombongan melanjutkan kegiatan tinjau beberapa titik pekerjaan yang menjadi pengawasan kementerian PUPR.

(Foto dan video : Robby Mesak)