Ratusan tenaga guru honor ikut pembekalan

Reporter : Andrew woria

Serui – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Yapen pada hari rabu 15 Juli 2020 melaksanakan Pembekalan bagi ratusan guru guru kontrak untuk tahun 2020. Pembekalan kali ini diikuti oleh tenaga guru kontrak SD sebanyak 124 Orang, Tenaga guru kontrak SMP sebanyak 49 Orang, dan Tenaga guru kontrak SMA/SMK sebanyak 35. (Rabu, 15/07/2020).

Ketika dikonfirmasikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Yapen, Saskar Paiderouw membenarkan hal tersebut.

“Pembekalan guru adalah suatu usaha pemerintah, untuk meningkatkan mutu dan juga uji kompetensi tenaga pendidik, didalam mekanisme teknis yang sudah diatur oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.”

Tenaga pendidikan yang sudah memperoleh sertifikat pendidik maka pendidik atau guru tersebut sudah dinilai profesional didalam membuat sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas sehingga guru/pendidik yang telah mempunyai sertifikat pendidik, hendaknya bisa membawa perubahan untuk pendidikan menjadi yang lebih baik dari segi proses ataupun output.
Kegiatan sertifikasi tenaga guru kontrak ini berlangsung di SMP Negeri 2 Serui, serta dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA. Dalam sambutannya, Wakil Bupati menjelaskan bahwa menyikapi perkembangan pandemi covid-19 di Kabupaten Kepulauan Yapen, maka pemerintah daerah mengeluarkan suatu kebijakan tentang penerapan proses belajar mengajar bagi peserta didik. Kebijakan ini diharapkan dapat segera diketahui oleh tenaga pendidik atau guru, agar dapat segera diterapkan dengan metode pembelajaran yang tepat dan taat protokol kesehatan dalam tugas dan tanggung jawab guru di tengah pandemi covid-19.

Wakil Bupati juga meminta kepada 208 orang peserta dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Kepulauan Yapen, agar dapat mengikuti kegiatan sertifikasi tenaga guru kontrak ini dengan sebaik-baiknya, agar materi yang diterima dapat dioptimalkan.

Usai membuka kegiatan ini secara resmi Wakil Bupati Kepulauan Yapen yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Yapen serta Sekertaris Dinas bersama Kepala Bidang SMP, Kepala Bidang pembantu bidang SMA meluangkan waktu untuk melihat proses sertifikasi yang berlangsung tersebut.

(Foto : Andrew Woria)

Leave a Reply