Di Ransanoni, Bupati lakukan Pencanangan Kampung Mandiri Pangan.

Reporter : Andrew Woria

Angkaisera – Masyarakat Ransanoni di Orai Tanah Arebo distrik Angkaisera pada senin, 29/06/2020 mengikuti kegiatan KAMPUNG TANGGUH PAPEDA (MANDIRI PANGAN) yang dicanangkan langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos, Kegiatan ini di hadiri langsung oleh Muspida diantaranya Ketua DPRD Kepulauan Yapen, Yohanis G. Raubaba, Sekretaris Daerah Ir. Alexander Nussy, MM, Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP. Kariawan Barus, Dandim 1709 Yawa, Letkol. inf. Leon Pangaribuan, Asisten III Setda, Erny Tania, Kadis Ketahanan pangan Kepulauan Yapen. Untuk diketahui tujuan kehadiran pemda dan muspida adalah secara langsung untuk melihat lahan tanah pertanian.

Bupati, Tonny Tesar mengatakan bahwa ia bersyukur boleh hadir bersama-sama dengan masyarakat di kampung ini, dalam rangka untuk pencanangan atau penanaman yang dibuat oleh kelompok tani Taruna Jaya.

“Upaya yang telah dilakukan untuk membuka lahan untuk menanam tersebut, sangat memberikan kebahagiaan pemerintah pada saat ini, pangan Mandiri dalam masyarakat sangat berpotensi karena alam kita, tanahnya subur, udaranya bagus, sepanjang tahun hujan yang diberikan.” tuturnya.

Bupati Tonny mengatakan bahwa telah beberapa kali menyampaikan kepada Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan pangan dan penyuluhan, ia minta agar dapat menggerakan masyarakatnya, memberikan dorongan dan motivasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan yang ada di kampung, untuk dibersihkan, dikelola dan diusahakan. Dengan melihat potensi, sementara hasilnya masih sangat kurang. ia menambahkan bahwa kebutuhan pangan di kabupaten Kepulauan Yapen masih belum bisa mencukupi, hal ini terbukti dengan masih di lakukannya impor dari luar kota, yakni sejumlah bahan pertanian seperti tomat, sayur, wortel dan cabe rawit. tuturnya.

Bupati juga mengajak warga untuk tetap bersemangat dalam mengelola kebun, untuk menanam tanaman jangka pendek dan jangka panjang, bagi masyarakat di Kepulauan Yapen. Dirinya juga menyampaikan secara khusus kepada kepala kampung agar dapat mengembangkan kelompok-kelompok pertanian.

“Kita tahu bahwa pandemi melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, khususnya Papua oleh sebab itu kita harus memanfaatkan secara baik pertanian kita, dalam memenuhi kebutuhan pangan. Jangan sampai karena pandemi kita kekurangan pangan. “

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk memakai masker, agar dapat mencegah penyebaran virus covid-19, kampung ini harus jadi contoh bagi kampung lain.

Usai memberi arahan, Bupati Tonny Tesar beserta Muspida melakukan Penanaman sebagai simbol di canangkannya lokasi lahan pertanian kelompok Tani Taruna Jaya.

Dalam kesempatan bertanya, ketua kelompok Taruna Jaya, Mesak Arebo menyampaikan bahwa ia berharap lewat kunjungan ini, dapat memotivasi warga masyarakat dan kelompoknya untuk mendukung semua program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dan daerah, dalam hal ini pangan lokal. Ia berharap juga kedepannya, pemda dapat memberi perhatian lebih lagi kepada para kelompok tani.

(Foto dan video : Andrew Woria)

Leave a Reply