Hari ini Wabup kunjungi kampung kainui I untuk menanam bibit bersama Petani.

Reporter : C.R.I

Kainui I – Dalam rangka ketahanan pangan di Kepulauan Yapen ditengah pandemi covid-19, pada kamis, 11 juni 2020, Wakil Bupati Frans Sanadi bersama Sekretaris Daerah, Ir. Alexander Nussy, asisten I Setda Bidang pemerintahan, Portunatus Numberi, bersama jajaran dan juga sekdis Angkaisera serta kepala kampung Kainui I, mengunjungi kebun kelompok tani di kampung kainui I.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupqti Frans Sanadi dan jajaran hadir untuk memberikan motivasi dengan turun langsung ke kebun untuk bersama-sama para penyuluh pertanian dan juga para petani menanam sejumlah bibit singkong pada beberapa beden (lahan tanam) yang telah siap untuk ditanami.

Untuk diketahui kelompok Tani yang dikunjungi oleh Wakil Bupati ini bernama kelompok Tani Anika Jaya, yang dibentuk sejak tahun 2002 dengan beranggotakan 11 petani. Kelompok ini juga memiliki lahan kerja seluas 1 hektar 15 meter yang difungsikan untuk lahan tani dan 1,5 hektar yang difungsikan untuk peternakan sapi dan juga ayam potong.

Ketika diwawancrai kepada Wakil Bupati, Frans Sanadi menyampaikan bahwa kehadiran dirinya untuk bersama-sama menanam bibit ini, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri No.2 yang dikeluarkan pada 10 Juni 2020, dengan memperhatikan Peraturan Kementrian Pertanian No.11 Tahun 2020 bahwa seluruh daerah-daerah di Indonesia, khususnya kepada para kepala daerah diarahkan untuk mempersiapkan ketahanan pangan lokal bagi masing-masing daerah, dimana hal ini menjadi penting mengingat saat ini sedang terjadi pandemi covid-19.

Wakil Bupati, Frans juga berharap semangat menanam hari ini dimulai dari distrik Angkaisera, distrik Yawakukat dan distrik Kepulauan Ambai. hal ini akan menjadi contoh awal bagi distrik-distrik dan kampung-kampung yang lainnya.

di kesempatan yang sama juga, Wabup sempat berdiskusi dengan para peyuluh pertanian dan juga para petani terkait hal-hal yang diperlukan oleh mereka dalam menjalankan aktifitas mereka sebagai petani.

(Foto dan video : Robby Mesak & VJ Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *