Pastikan stok sembako aman, tim Satuan Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 tinjau sembako dipasaran.

Reporter : Vijay Polanunu

Serui – Kamis 26/03/2020 Pemkab. Kepulauan Yapen melalui Satuan Gugus Percepatan Penanganan Covid-19, melakukan peninjauan Perkembangan harga dan ketersediaan sembako di sejumlah gudang dan toko juga di pasar Aroro Iroro Serui.

Tim terbagi menjadi dua, dimana Assisten ll Setda Kepulauan Yapen, Gokman Simbolon selaku Pemimpin bersama tim pertama yang melakukan peninjauan disejumlah tempat diantaranya, Gudang Dolog, Gudang dan Swalayan Serui indah dan gudang Toko Merpati.

Dalam wawacaranya kepala Dinas Perindakop Kep. Yapen, Ir.Daniel Tandi langi, MM, yang juga selaku anggota Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan, untuk sementara ketersedian bahan-bahan sembako masih aman untuk beberapa bulan kedepan, kecuali gula pasir dan Tepung terigu. Dirinya menjelaskan bahwa khusus terkait masalah harga gula pasir yang mulai melonjak naik, hal ini bukan hanya terjadi di Kepulauan Yapen saja, namun juga terjadi ditempat lain, karena kelangkaan gula merupakan masalah dengan skala Nasional yang saat ini sedang terjadi.

Selain itu, Daniel Tandi langi juga menghimbau agar masyarakat yang ingin berbelanja bahan-bahan sembako, disarankan untuk selalu memperhatikan tanggal masa kadaluarsa, sebab makanan yang telah melewati masa kadaluarsa dapat merugikan kesehatan.

” Untuk masyarakat setiap membeli barang untuk selalu memperhatiakan tanggal kadaluarsaNya karena bisa menjadi pemicu orang jadi sakit. “

Sementara tim kedua yang di Pimpin oleh Kasad. Bimas Polres Kep. Yapen AKP. Sumadji, SH bersama tim melakukan pemeriksaan ketersediaan sembako dan pemeriksaan tanggal kadaluarsa barang di sejumlah kios dan toko di Pasar Aroro Iroro Serui, namun tidak hanya itu AKP. Sumadji, SH, juga melakulan sosialisasi dan himbawan kepada pedagang dan masyarakat di pasar Aroro Iroro, tentang bahaya virus corona (covid-19).

Selain itu dirinya juga memberi informasi kepada masyarakat bahwa pada hari sabtu nanti untuk sementara waktu akan tiadakan aktifitas jual beli di pasar, sebab akan diadakan penyemprotan cairan disinfektan, yang akan dimulai pada pukul 09.00 wit hingga pukul 12.00 wit, sehingga untuk sementara waktu aktifitas jual beli di pasar akan dihentikan.

(foto dan video : C.R.I, Vijay Polanunu dan Roby Mesak)

Leave a Reply