Dinas Perikanan Kepulauan Yapen salurkan bantuan 400 bibit ikan nila kepada pembudidaya ikan air tawar.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Kepala balai benih ikan Kepulauan Yapen, John Mambai pada hari selasa, 04/02/2020, bersama Kepala Dinas Perikanan Kepulauan Yapen, menyerahkan sebanyak 400 benih ikan nila kepada dua pembudidaya ikan air tawar di kampung Banawa Barawaikap. Dimana masing-masing pembudidaya menerima sebanyak 200 ekor benih ikan nila. Selaku kepala balai benih ikan Serui, John Mambai menjelaskan bahwa pihaknya telah siap untuk mendistribusikan benih ikan air tawar, kepada para pembudidaya ikan di Kepulauan Yapen.

Hal tersebut juga disampaikan oleh kepala dinas Perikanan Kepulauan Yapen, Daniel Reba yang mana kedepannya dinas Perikanan Kepulauan Yapen, akan tetap menyalurkan bibit benih ikan air tawar kepada warga masyarakat, yang ingin mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar. Sementara khusus untuk pembudidayaan di kampung Barawaikap kali ini, telah dilakukan identifikasi lapangan oleh pihaknya serta mengecek secara langsung kepada pembudidaya baru.

Selain itu para staf bidang budidaya juga melakukan pembinaan kepada kelompok warga yang ingin membudidaya ikan air tawar. Daniel Reba juga menegaskan bahwa dinas perikanan Kepulauan Yapen akan tetap terus menyediakan jumlah benih ikan air tawar sebanyak mungkin, yang akan didistribusikan kepada para pembudidaya baru di kabupaten Kepulauan Yapen. Dinas perikanan juga berharap kedepannya ada nilai tambah dari pembudidaya yang ada, guna mengantisipasi kekurangan pasokan stok ikan laut segar, yang disebabkan karena cuaca ekstrim sehingga para nelayan tidak bisa melaut.

Sementara dari Kepala Seksi Mitra Usaha Budidaya Dinas Perikanan Kepulauan Yapen menambahkan bahwa pemberian benih ikan ini, merupakan bentuk dukungan kepada pembudidaya yang pernah melakukan budidaya hingga produksi, Dinas Perikanan juga merencanakan ke depan akan tetap memberikan benih ikan kepada masyarakat, yang memiliki kemauan untuk mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar.

Sementara itu Elsa Tanawani, seorang pembudidaya ikan nila yang kesehariannya berprofesi sebagai seorang guru, mengatakan sejak awal dirinya mengembangkan budidaya ikan lele dan nila ini hasil budidayanya langsung dijual kepada para pedagang rumah makan. Usaha budidayanya ini merupakan usaha sampingan serta hiburan baginya, dimana pada hari ini usahanya tersebut mendapat respon dan bantuan dari Dinas Perikanan Kepulauan Yapen berupa bibit benih ikan nila. Usaha swadayanya ini telah berlangsung selama dua tahun, oleh sebab itu dirinya sangat berterima kasih kepada Dinas Perikanan Kepulauan Yapen atas bantuan benih ikan yang diterimanya.

Bagi warga masyarakat yang ingin tertarik mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar, serta ingin dapatkan beberapa jenis bibit ikan air tawar, dapat menyurat kepada Bupati Kepulauan Yapen atau langsung kepada Dinas Perikanan Kepulauan Yapen guna bantuan benih ikan.

(foto : C.R.I)

Leave a Reply