5 kelompok pengelola rumput laut di Sarawandori terima bantuan kementrian desa

Reporter : Andrew Woria

Serui – Pemerintah Kepulauan Yapen pada hari senin, 20/01/2020 menyerahkan bantuan Kementerian Desa berupa sarana dan prasarana pengelolaan rumput laut yang berlokasi di pondok informasi pemasaran ifat Dinas Perikanan, kampung Sarawandori. Penyerahan ini langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kepulauan Yapen, Erny Renny Tania, S.IP, Kepala Dinas Perikanan Kepulauan Yapen, Daniel Reba, Kepala kampung Sarwandori I, Musa Yapanani, serta kelompok-kelompok penerima bantuan.

Kepala Kampung Sarwandori I, Musa Yapanani dalam sambutannya mengatakan bahwa warga Sarawandori sudah dikenal dengan budidaya rumput laut, pihaknya merasa bersyukur karena hari ini Pemerintah Daerah Kepulauan Yapen boleh hadir untuk menyerahkan bantuan kepada masyarakat kampung Sarwandori I, khususnya kelompok pengelola rumput laut. Selaku kepala kampung dirinya juga meminta kepada warga masyarakat kelompok pengelola rumput laut, untuk dapat mempergunakan bantuan peralatan ini dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu Wakil Bupati Kepulauan Yapen, ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa kurang lebih ada 5 kelompok penerima bantuan dari Kementrian Desa tahun 2019, berupa peralatan pengelolaan rumput laut. Pemerintah berharap dengan diberikannya bantuan peralatan pengelolaan rumput laut ini, dapat memberi semangat kepada para petani rumput laut yang selama ini dilakukan secara manual. Selain itu diharapkan juga dapat meningkatkan produksi rumput laut. Jenis peralatan yang diserahkan berupa freezer, penggiling, mesin plastik untuk kemasan serta blender, yang diharapkan dapat menolong ibu-ibu kelompok petani pengelola rumput laut, dalam mengelola tanaman tersebut. Sementara dari kampung sendiri juga telah menyiapkan sedikit dana untuk membantu para petani rumput laut, hal ini dinilai Wakil Bupati sangat positif karena dana kampung diarahkan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi yang ada di kampung ini.

“Saya berharap dengan adanya peralatan ini dapat memberikan semangat, kepada ibu-ibu kelompok yang selama ini sudah menekuni pengelolaan rumput laut.” (senin, 20/01/2020)

Sementara itu, kepada humas ketika diwawancarai salah satu kelompok penerima bantuan peralatan pengelolaan rumput laut, Rosmina Karubaba mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Desa dan Pemerintah Kepulauan Yapen yang boleh berikan bantuan peralatan pengelolaan rumput laut kepada kelompok petani rumput laut di kampung Sarawandori ini. Dirinya menjelaskan bahwa sebelum adanya peralatan ini pengelolaan menggunakan sistim manual, namun saat ini boleh beralih menggunakan peralatan elektronik dalam mengelola dan mengemas rumput laut menjadi berbagai makanan.

“Yang dulunya ibu-ibu ini menghasilkan produk dengan alat manual hanya berkisar dari 30 sampai 50 kemasan, dengan menggunakan peralatan ini bisa menghasilkan hingga ratusan kemasan” ungkapnya.

Berikut adalah kelompok-kelompok yang menerima bantuan tersebut :

  1. Kelompok Mawasa
  2. Kelompol Rawing mairori
  3. Kelompok mamderi
  4. Kelompok wamanya kawa
  5. Kelompok onowai

Adapun beberapa peralatan yang diserahkan yaitu :

  1. Mesin penggiling daging rumput laut sebanyak 5 unit
  2. Mesin Freezer sebanyak 5 unit
  3. Mixser sebanyak 5 unit
  4. Mesin mie otomatis 5 unit
  5. Mesin Vakum 5 unit
  6. Nodle maker 5 unit
  7. Plastik kemasan 5000 unit

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *