Rapat kerja III klasis GKI telah dilaksanakan di beberapa klasis di Kabupaten Kepulauan Yapen tak terkecuali di klasis Yapen Utara, yang berlangsung di gedung gereja  GKI Patmos, Kampung Ausem, Distrik Yerui pada hari minggu 27 Oktober 2019.  Dengan mengangkat tema sentral “Datanglah KerajaanMu ” dan Sub Thema : Menjadi Gereja Yang Dewasa Dan Misioner.
Raker III Klasis GKI Yapen Utara ini dibuka langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM, serta Badan Pekerja AM (BPAM) Sinode GKI Tanah Papua.
Bupati Tonny Tesar mengaku bersyukur dapat menghadiri rangkaian kegiatan rapat kerja III Klasis GKI mulai dari Klasis GKI Yapen Timur, Klasis GKI Yapen Selatan, Klasis GKI Yapen Barat, dan Klasis GKI Yapen Utara, hal ini adalah sebagai bukti perhatian pemerintah daerah Kepulauan Yapen terhadap Gereja, sekaligus juga dalam rangka memberikan dorongan kepada warga Jemaat GKI di masing-masing wilayah untuk dapat meningkatkan program kerja Gereja, Bupati Tonny Tesar juga berharap rapat kerja III Klasis GKI Yapen Utara di kampung Ausem ini, dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya demi kemajuan GKI Klasis Yapen Utara.
Bupati Tonny Tesar juga memberikan masukan kepada para peserta raker III GKI Klasis Yapen Utara, untuk bisa mengevaluasi program kerja 2019 dan dapat merumuskan program kerja 2020 nanti.
Selain itu tantangan yang dihadapi gereja semakin Kompleks, sehingga Bupati Tonny Tesar juga berharap agar Gereja dapat berinovasi serta terobosan baru pada program kerjanya.
Yang tidak kalah penting dalam sambutan Bupati Kepulauan Yapen, yaitu meminta agar Gereja dapat bersinergi bersama pemerintah serta memiliki kontribusi terhadap visi pembangunan bidang prioritas di daerah.
Terkait dengan anggaran pendapatan dan belanja Gereja, Bupati meminta agar dapat ditetapkan secara profesional.
Tim Liputan humas Kepulauan Yapen.