Gedung baru sekolah dasar Yapis, Serui yang bertempat di Jalan KPR Dusun Serui pada hari Jumat 25 Oktober 2019 diresmikan oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos.
Ketika dikonfirmasi kepada Bupati Tonny Tesar, S.Sos bahwa ada 8 unit gedung baru yang di resmikan, 8 unit gedung baru sekolah dasar ini dibangun secara swadaya oleh Yayasan Pendidikan Islam, Serui. Hal ini menjadi catatan bagi pemerintah daerah di mana Yayasan Pendidikan Islam telah membantu masyarakat di Kepulauan Yapen, guna menyediakan sarana dan prasarana pendidikan dengan membangun 8 ruang kelas baru, dimana untuk diketahui bangunan lama sebelumnya berada di kompleks Kampung Islam, Pasar Serui yang diketahui tempatnya tidak memenuhi syarat lagi, sementara untuk jumlah murid di SD Yapis hingga saat ini mencapai kurang lebih 400 murid.
Sementara itu dalam laporan pihak yayasan pendidikan Islam, masih membutuhkan tambahan ruangan sebanyak 9 bangunan termasuk Laboratorium dan ruang kantor, oleh Bupati Kepulauan Yapen langsung menindaklanjuti dengan memerintahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Yapen, agar bisa memprioritaskan pembangunan bantuan gedung ruang kelas baru bagi Yapis, sehingga kapasitas ruang kelas yang saat ini menampung 40 orang siswa. Untuk kurikulum K13 dinilai kurang efektif sehingga diharapkan dengan adanya tambahan ruang kelas yang baru ini maka daya tampung dari sekolah yang ada Ini bisa lebih efisien dalam memberikan pembelajaran kepada anak-anak didik.
Bupati Tonny Tesar, S.Sos juga menambahkan dirinya menerima laporan dari ketua yayasan bahwa akan dibangun satu ruang mushola, hal tersebut dinilai baik karena pemerintah daerah juga ingin mencerdaskan kehidupan anak-anak bangsa, menciptakan kualitas anak-anak tetapi harus seimbang antara intelegensi dengan akhlak mulia yang didukung dengan pemberian pelajaran agama yang baik, agar anak-anak ini dapat tumbuh dan memproteksi dirinya terhadap pengaruh globalisasi yang begitu luar biasa ungkap orang nomor satu di Kabupaten Kepulauan Yapen tersebut.
Kegiatan tersebut juga dihadiri dan disaksikan secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM, Asisten III Sekda, Erni Tania, Asisten II Gokman Simbolon, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Saskar Paiderouw serta Jajaran Muspida diantaranya, Ketua DPRD Kepulauan Yapen, Melianus Wayangkau, Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Penri Erison, serta Ketua Yapis Abubakar Karapesina dan tamu undangan lainnya.
Tim Liputan Humas Setda Kepulauan Yapen.