SATU SMPN DIBUKA DI KAROAIPI, DISTRIK TELUK AMPIMOI

Serui, Pemerintah Kabupaten Kepualaun Yapen, melalui Wakil bupati, Frans Sanadi B.Sc, S.Sos, MBA didampingi Kepala Distrik Teluk Ampimoi, Chris Renmaur dan Kadis. Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Yapen,  Saskar Paiderouw  tiba di Kampung Karoaipi, distrik Teluk Ampimoi.

Kehadiran rombongan Wakil Bupati ini disambut dengan adat injak piring, kehadiran wakil bupati dalam rangka meresmikan izin operasional SMP Negeri Karoaipi, distrik teluk Ampimoi.

Dalam pembacaan SK, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kepulauan Yapen menjelaskan bahwa wajib belajar 9 tahun adalah amanah undang-udang sehingga untuk menjalankan amanah tersebut perlu di bangun lembaga pendidikan baru, selain itu dalam SK tersebut menyatakan bahwa ijin operasional SMP N Karoapi bernaung dibawah dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Kepulauan Yapen, wajib menjalankan kurikulum nasional dan lokal, dinas juga menyediakan tenaga guru sarana dan pra sarana, biaya dibebankan kepada dinas pendidikan dan kebudayaan, serta berlaku sejak di tetapkan.

Surat penunjukan dari dinas juga diberikan kepada seorang guru madya SD Karoaipi guna kelancaran belajar mengajar maka Yosias Reba di tunjuk sebagai plt. kepala sekolah SMP N Karoaipi.

Selain itu dalam sambutan kepala dinas di hadapan para pejabat daerah dan warga masyarakat di Kampung Karoaipi, Saskar Paiderouw menjelaskan bahwa dinas melaksanakan visi dan misi dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen yaitu meningkatkan SDM Kabupaten Kepulauan Yapen dan dinas menjabarkan dengan salah satu program dengan membuka sekolah bagi kampung yang belum terlayani.

Wakil bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, Sos, MBA ketika membaca sambutan Bupati mengatakan bahwa pemerintah inginkan agar anak-anak memperoleh hak yang sama dalam jenjang pendidikan dalam pembangunan daerah ini secara berkesinambungan.

Sejak 2016 lalu telah dibuka beberapa SMP, yaitu 1 SMP di Marau, tahun 2017 dibuka SMP Miosnom, SMP Negeri Aunawai, SMP Negeri Borai, sejak tahun 2018 dibangun SMP Negeri Serui Laut, dan tahun 2019 SMP negeri Karoaipi. Dalam waktu kurang lebih 4 tahun, akses SMP Negeri yg dibuka terhitung ada 7 sekolah dan dirinya berharap 2 tahun kedepan, sudah bisa membuka SMA Negeri Karoaipi di Distrik Teluk Ampimoi.

Acara ini dihadiri para Kepala Kampung, BAMUSKAM, Tokoh Adat dan Agama di Kampung Karoaipi.

Humas Setda Kabupaten Kepulauan Yapen.

Leave a Reply