the official website of the Kabupaten Kepulauan Yapen
24 ORANG CALON PIMPINAN TINGGI PRATAMA IKUT SELEKSI TAHAP II Previous item PENYERAHAN SPPT-PBP2... Next item WORKSHOP SEHARI...

24 ORANG CALON PIMPINAN TINGGI PRATAMA IKUT SELEKSI TAHAP II

Serui – Seleksi terbuka tahap ke II jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen berlangsung kembali di gedung Silas Papare, pada hari kamis 04/07/2019.

Kegiatan ini di ikuti langsung oleh dua puluh empat calon pimpinan tinggi pratama, dan baru dilaksanakan sebanyak tiga kali, yang pertama sejak 2017 dan kedua pada seleksi terbuka desember 2018 dan di 2019 ini dilakukan kembali lagi seleksi terbuka serta uji kompetensi.

Ketua panitia seleksi Prof. Dr. Agustinus Fatem, M.T dalam arahannya menjelaskan bahwa Kegiatan ini merupakan amanah UU N0.5 Tahun 2014, Tetang Aparatur Sipil Negara, dimana 4 orang Calon Pimpinan tinggi diantaranya telah menjabat sebagai pejabat pratama kurang lebih lima tahun, akan mengikuti Uji Kompetisi.

Rangkaian proses seleksi ini diantaranya sebanyak dua puluh dua orang yang mendaftarkan diri, sementara yang memenuhi syarat seleksi terbuka sebanyak dua puluh orang dan dilanjutkan dengan mengikuti psikotes.

Selain itu sebanyak tiga orang calon pejabat, ternyata pernah mengikuti psikotes dan menurut ketentuan yang berlaku, hasil psikotes berlaku selama dua tahun. Dengan demikian yg mengikuti psikotes tersisa 19 orang.

Dari hasil ini, dua orang dinyatakan tidak disarankan sehingga tersisa tujuh belas orang dan ditambah tiga orang maka tersisa dua puluh orang dan dilanjutkan tahap penulisan makalah dan wawancara.

Para peserta tersebut dapat melamar dua jabatan eselon, sementara itu uji kompetensi untuk empat pejabat juga dilaksanakan untuk tiga jabatan eselon, diantaranya esalon 2b dan satu jabatan eselon 2a.

Pelaksanaan uji kompetensi dilakukan dalam bentuk tulisan makalah dan wawancara, sementara seleksi ini dilaksanakan oleh tim penguji dari jayapura sebanyak 3 orang tim seleksi.

Kegiatan uji kompetensi ini di ikuti oleh sekda Kabupaten Kepulauan Yapen, kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil, Kepala Inspektorat dan kepala dinas lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Yapen.

Ketika ditemui Wakil Bupati Kepulauan Yapen yang hadir dalam kegiatan ini, Frans Sanadi, BSc, S.sos, MBA, kepada Humas menjelaskan bahwa pemerintah daerah berharap agar melalui seleksi ini, setiap peserta memiliki kesempatan yang sama untuk jabatan yang dilamar agar mendukung visi dan misi pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Tim liputan Humas Setda Kepulauan Yapen.