PEMBANGKIT LISTRIK MESIN GAS (PLTMG) SIAP MENERANGI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN

Simbolis pemasangan pemancang pertama PLTMG 10 mega watt di Kampung Wawuti, Distrik Angkaisera, Sabtu (09/02/2019).

Kepulauan Yapen – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen mulai menambah pasokan listrik mesin gas (PLTMG) atau dikenal dengan istilah lainnya Mobile Power Plan bertenaga 10 MW.

Pembangunan energi listik mesin gas (PLTMG) ini telah dilakukan pemasangan pemancang pertama secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos yang didampingi oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres serta Ketua Pengadilan Tinggi Serui di Kampung Wawuti, Distrik Angkaisera, Sabtu (09/02/2019).

Diharapkan dengan penambahan energi listrik mesin gas bertenaga 10 MW nanti dapat berjalan dengan lancar sehingga diperkirakan akhir tahun 2019 nanti bisa mensuplai energi listrik bertenaga di Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Kesiapan dari rekanan disini peralatan sudah siap kita melakukan pemancangan pertama sehingga kita berharap dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat diselesaikan dalam waktu yang ditetapkan di 2019 ini bisa selesai sehingga bisa mensuplai enegri di kabupaten kepulauan yapen yang kita ketahui bersama akhir-akhir ini di kabupaten kepulauan yapen masih sangat kurang sekali untuk ketersediaan energi listrik.

Kita berharap setelah program wawuti satu ini 10 mega watt program dari Bapak Presiden dan Wakil Presiden bisa selesai dengan pembangunan Wawuti dua 1 X 10  mega lagi, total ada 2 X 10 mega. Ini kita berharap bisa mengsuplai energi listrik kepada perusahan kita PT. Sinar Wijaya Play Wood Industri yang ada di Dawai yang juga memerlukan suplai energi listrik ini kurang lebih 6 – 7 mega watt bisa terpenuhi dari PLTMG Wawuti satu dan Wawuti dua ini.

Untuk saat ini yang kita gunakan PLTD yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen baru bisa mengsuplai kurang lebih 5,5 mega watt ketersediaan yang ada”.

Dengan adanya pemasokan energi listrik mesin gas (PLTMG) bertenaga 10 MW Bupati berharap 20 sampai 30 tahun kedepan dapat menyediakan aliran listrik yang baik bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen.

(am/sp)

Leave a Reply