Forum OPD bahas 1.400 Usulan Program OPD, 1.100 Usulan Musrembang Distrik dan 267 Usulan Aspirasi DPRD.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen menggelar kegiatan forum organisasi perangkat daerah dalam rangka penyusunan rkpd Tahun 2022 yang berlangsung pada hari Selasa 30 Maret 2021 di gedung Silas papare Serui. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Yapen, Ronny T Ayorbaba dalam Laporan nya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya forum ini adalah untuk menyelaraskan program kegiatan OPD dengan program kegiatan musrenbang Distrik dan diselaraskan dengan pokok-pokok pikiran anggota dewan sesuai dengan Daerah Pemilihan. Selain itu juga untuk mempertajam indikator dan Program Kegiatan OPD, dan juga menyelaraskan program kerja antar opd berdasarkan tema pembangunan di Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2022 adalah Memantapkan pembangunan infrastruktur dasar dan fasilitas sosial ekonomi untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kesenjangan.  Dimana Forum OPD ini juga  dapat mewujudkan visi pembangunan di kabupaten Kepulauan Yapen yang lebih nyaman lebih maju dan lebih sejahtera tuturnya.

” Tanpa tersedianya infrastruktur dasar yang memadai, kegiatan Pembangunan yang mendukung untuk tumbuh dan berkembang kegiatan ekonomi sebagai penggerak perekonomian daerah tidak dapat berjalan ” ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung selama sehari dengan peserta adalah Pimpinan dan Anggota DPRD, Pimpinan OPD, Para Kepala Distrik, Tim Asistensi Bappeda dan Tim Pembahas. Dengan hasil yang ingin di capai adalah rancangan rencana kerja OPD berdasarkan hasil Musrenbang kampung kelurahan dan distrik dan pokok pikiran Anggota DPRD Masing masing Dapil, serta diharapkan dapat menjadi masukan untuk penyempurnaan rancangan renja perangkat daerah dan selanjutnya menjadi rancangan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Kepulauan Yapen tahun 2022.

Sementara itu sebelum membuka kegiatan ini secara resmi, Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos menyampaikan  bahwa forum OPD ini adalah Forum Pemangku Kepentingan untuk membahas usulan program kegiatan prioritas hasil Musrenbang Distrik dengan Rancangan Rencana Kerja masing masing OPD. Dijelaskan nya bahwa ada 1.400 Program yang dimasukkan dari OPD, Ditambah dengan hasil Musrenbang Distrik ada 1.100  Usulan Program, serta dari DPRD ada 267 Aspirasi.

“Ini semua sebuah pokok pikiran perencanaan yang diyakini bahwa  perencanaan ini benar benar sudah cukup lama  di ingin kan oleh masyarakat. Namun kita sadari bahwa kemampuan keuangan kita tidak bisa untuk membiayai seluruh perencanaan yang kita ajukan. Oleh karena itu dengan ada forum OPD ini, kita akan menilai singkronisasi dan Prioritas yang diselaraskan dengan target RPJMD Kabupaten Kepulauan Yapen.” Pungkasnya.

Penyusunan rancangan rencana kerja OPD di Tahun 2022 dititikberatkan pada pencapaian target kinerja pemerintah daerah sesuai dengan RPJMD tahun 2018 – 2022 dan juga pada target kinerja renstra masing masing yang belum tercapai serta hasil evaluasi kinerja RKPD Tahun 2020 dan tahun berjalan 2021. Sehingga tema pembangunan kabupaten Kepulauan Yapen tahun 2022 adalah memantapkan pembangunan infrastruktur dasar dan fasilitas sosial ekonomi lain nya,  untuk memacu pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan dan memutuskan mata rantai penyebaran covid 19 di Kepulauan Yapen.

(Foto dan Video : Andrew Woria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *