Di Yobi, Bupati Tonny Resmikan 1 Unit Puskesmas Rawat Jalan.

Reporter: Andrew Woria

Yobi – Puskesmas di kampung Yobi yang dibangun sejak tahun 2016 akhirnya beroperasi secara resmi untuk melayani masyarakat di 4 kampung. Hal ini ditandai dengan diresmikannya Faskes ini langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos pada hari Senin, 29/03/2021.

Karolis Tanawani selaku Kepala Dinas Kesehatan dalam laporannya mengatakan bahwa pembangunan Puskesmas di kampung ini berdasarkan atas usulan masyarakat melalui musrembang, dimana mengalami kesulitan dalam akses pelayanan kesehatan di wilayah Pantura Bagian Timur. Pembangunan Puskesmas di kampung Yobi ini juga adalah salah satu jawaban dari Bupati dan Wakil Bupati kepada masyarakat.

Untuk diketahui bahwa Pembangunan Puskesmas ini menggunakan DAK fisik Tahun Anggaran 2016, namun baru dapat dioperasionalkan pada Februari 2021 karena mengalami berbagai macam kendala dan hambatan. Puskesmas Yobi ini adalah tipe puskesmas Rawat Jalan yang akan melayani masyarakat di 4 Kampung antara lain, Kampung Yobi, Kampung Soromasen, Kampung Sambrawai dan Kampung Sewendui. Selain itu dibangun juga sarana lainnya diantaranya 1 Unit Rumah Dokter dan 2 Kopel Rumah Bagi Paramedis.

Untuk diketahui bersama jumlah tenaga kesehatan yang bertugas pada Puskesmas ini antara lain,

1 Orang Sarjana Keperawatan

3 Orang Bidan

1 Orang Tenaga Analis

1 Orang Tenaga D3 Farmasi

1 Orang Tenaga Gizi

1 Orang Tenaga Kesehatan Lingkungan

Dan 12 Orang Tenaga D3 Keperawanan Non PNS.

Dalam kesempatannya Bupati Tonny Tesar menyampaikan bahwa pemerintah daerah memberikan apresiasi terhadap pencapaian ini, ia berharap agar puskesmas ini dapat dimanfaatkan dan di fungsikan dengan baik dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi warga.

“Dengan hadirnya Puskesmas ini tentunya harapan kita adalah tersajinya pelayanan yang optimal bagi warga serta di dukung oleh ketersediaan tenaga medis yang memadai. Inilah yang perlu menjadi perhatian serius bagi dinas terkait.”ucapnya.

Bupati juga meminta agar Puskesmas ini dapat didukung oleh warga setempat sehingga kedepannya para tenaga medis yang bertugas dapat bekerja dengan nyaman dan tidak ada aksi-aksi yang meresahkan.

Dalam kegiatan peresmian kali ini dilakukan pengguntingan pita sebagai tanda beroperasinya Puskesmas Yobi. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah diantaranya Pimpinan DPRD Kepulauan Yapen beserta Anggota, Sekertaris Daerah, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra, Forkompinda, Para Kepala Kampung dan Bamuskam serta sejumlah Pimpinan OPD.

(foto dan video : Robby Mesak)

2 thoughts on “Di Yobi, Bupati Tonny Resmikan 1 Unit Puskesmas Rawat Jalan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *