Dukcapil Kabupaten Kepulauan Yapen kejar Target Adminduk Tahun 2021.

Reporter: Andrew Woria

Serui – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri, mengajak para pejabat Dukcapil di Daerah untuk tetap produktif meskipun di tengah mewabahnya Covid-19. Tidak terkecuali bagi kabupaten Kepulauan Yapen, dimana berdasarkan hasil Vidcon pada selasa, 16/03/2021 lalu, sejumlah target telah diberikan untuk Kabupaten Kepulauan Yapen. Hal ini di ungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Yapen,  Harold Wenno, AP, M.Si yang ditemui oleh www.kepyapenkab.go.id di ruang kerjanya.

Harold mengatakan bahwa Jumlah penduduk di kabupaten Kepulauan Yapen yang terekam berdasarkan jenis kelamin, laki – laki adalah 57.634 jiwa, Perempuan 53.824 jiwa dengan Total 111.458  jiwa. Menurut nya hal bukan angka yang statis, tetapi akan meningkat dengan sendirinya. Angka tersebut berdasarkan pemutahiran berkala per November 2020 Terkait kepemilikan KTP,  Apabila dikomposisikan menurut wajib KTP maka jumlah pemilik KTP untuk laki laki 39.997, dan Perempuan 37.970 dengan Total  77.967.  sementara itu Yang sudah melakukan perekaman KTP ada 37.018 penduduk wajib ktp, dan masih tersisa 40.949 Orang yang belum melakukan perekaman e-KTP.

Dijelaskannya bahwa target Progresif Pencapaian bagi Kabupaten Kepulauan Yapen, yaitu dari maret hingga Desember 2021 antara lain adalah  E-KTP sebanyak 40.949 yang harus terekam. Jika membagi target ini dalam minggu berjalan maka perminggu harus bisa mencetak 1.335 KTP selama 9 bulan tersisa. Disamping itu ada juga target akta kelahiran yang diberikan oleh Ditjen Dukcapil antara lain adalah sebanyak 20.850 akta kelahiran Kalau di hitung perminggu, maka Dukcapil Yapen harus bisa mencetak 550 akte kelahiran perminggu.

Selain itu, Dukcapil Kabupaten Kepulauan Yapen juga diberikan target untuk Kartu identitas Anak (KIA) Sebanyak, 36.885 sepanjang tahun 2021. jika dibagi perminggu maka setiap minggunya harus bisa mencetak 1.025 Kartu Identitas Anak. Saat ini OPD dibawah kepemimpinan nya terus berbenah mukai dari pelayanan administrasi kependudukan. Dimana tercatat pada 2 maret 2021, jumlah aktifitas pelayanan harian terbanyak mencapai 230 pelayanan dalam sehari. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya dinas ini dalam melayani adminduk di kabupaten Kepulauan Yapen ujarnya.

Kadisdukcapil Kabupaten Kepulauan Yapen juga menjelaskan yang harus dilakukan dalam rangka upaya melakukan percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan. Dimana secara sarana dan prasarana telah tersedia Gedung kantor yang baru dan representatif namun hal itu bukanlah inti, namun yang inti adalah membangun komitmen dan konsistensi dari semua ASN yang bertugas pada Dukcapil untuk mampu berdedikasi tinggi dan berkinerja baik dalam melayani masyarakat terutama berorientasi kepada peningkatan kualitas pelayanan tuturnya.

“Salah satu isu aktual tentang pelayanan penerbitan dokumen kependudukan masih dipandang lambat, saya berharap dengan menempati gedung baru ini, maka ada semangat baru dan menjadi komitmen serta konsisten untuk mampu berdedikasi tinggi dan benar berorientasi kepada upaya percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan” ujarnya.

(Foto : Andrew Woria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *