Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga TP PKK Yapen Gelar Sosialisasi Administrasi Kelembagaan.

Reporter : Robby Mesak

Randawaya – Untuk menumbuhkan Inovasi dan penguatan administrasi kelembagaan, serta pemberdayaan masyarakat distrik dan kampung dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK guna membangun masyarakat yang sejahtera, Tim Penggerak PKK kabupaten Kepulauan Yapen melaksanakan sosialisasi pembinaan, Selasa (16/3/2021).

Bertempat di Puskesmas Mumbeai, Distrik Teluk Ampimoi Ketua TP PKK kabupaten Kepulauan Yapen, dr. Suhenny Tesar, Sp.M, di dampingi Wakil Ketua TP PKK, Tina Sanadi dan kordinator masing-masing Pokja, serta Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) pada Dinas Kesehatan Kepulauan Yapen, Yohanis Woisiri, SKM.

Dalam sambutannya, Ketua PKK, dr. Suhenny Tesar, Sp.M menyampaikan beberapa kegiatan TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen yang sudah dilaksanakan sesuai dengan program kerja TP PKK kabupaten Kepulauan Yapen tahun 2020 dan 2021.

Antara lain melaksanakan pembinaan tertib administrasi ke tingkat distrik, lurah dan kampung di kabupaten Kepulauan Yapen, dalam rangka hari kesatuan gerak PKK yang ke 49 Tahun.

TP PKK kabupaten Kepulauan Yapen juga bekerja sama dengan Dinas kesehatan Kepulauan Yapen, untuk mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 dan juga bahaya penyakit menular Malaria serta TB Paru (TBC).

Ketika di jumpai Media Humas Pemda, Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen, dr. Suhenny Tesar, Sp.M mengatakan hari ini kami dari TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen, memberikan pembinaan dan sosialisasi Administrasi Kelembagaan, serta 10 program pokok PKK, selain itu juga dari TP PKK menjelaskan tugas dan peran program dari Pokja masing-masing.

Ia berharap dengan adanya pembinaan ini selain dapat menumbuhkan Inovasi dan pemberdayaan masyarakat, pembinaan ini juga dapat mengetahui permasalahan/hambatan yang masih belum terpecahkan di TP PKK kabupaten Kepulauan Yapen.

“Semoga dengan adanya pembinaan ini upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui 10 segi pokok keluarga, dengan membentuk Tim Penggerak PKK di semua tingkatan dapat terealisasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2M), Yohanis Woisiri SKM, menjelaskan kepada Peserta kegiatan TP PKK distrik dan kampung, Ia menyampaikan tentang Vaksinasi Covid-19 dan bahaya Penyakit menular Malaria dan TB paru (TBC).

Kita perlu tahu bersama bahwa penyakit menular Malaria dan TB Paru, merupakan penyakit serius yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang menjadi angka kematian  tertinggi di Papua, demikian TB Paru adalah penyakit kronis yang menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia dan nomor tiga di Indonesia.

Selain Malaria dan TB Paru, Ia juga menyampaikan tentang Anjuran pemerintah untuk pemberian Vaksinasi Covid-19 sangat penting dengan mendapatkan vaksin, kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar kita yang belum memiliki kekebalan terhadap virus Corona, karena Virus Corona masih ada dan belum berakhir.

Dirinya juga menyampaikan, untuk terhindar dari Malaria dan TB Paru, ia menganjurkan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta mengaplikasikan etika batuk yang benar. Untuk penanganan penderita positif TBC, pemerintah memberikan obat secara gratis yang bisa didapat di Puskesmas terdekat dan untuk Malaria harus menghindari gigitan nyamuk, serta tidur menggunakan kelambu yang sudah didistribusikan oleh Puskesmas.

Setelah melaksanakan kegiatan sosialisasi, TP PKK melakukan berbagi kasih dengan memberikan 70 paket sembako bagi ibu-ibu PKK distrik dan Kampung, serta 150 paket bingkisan bagi anak-anak sekolah.

Terpantau Media Humas Pemda disela-sela kegiatan turut hadir juga Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos didampingi Asisten I Setda Bidang Tata Pemerintahan, Erny Tania, S.IP beserta pimpinan OPD lainnya.

Kehadiran Bupati ,Tonny Tesar, S.Sos beserta pimpinan OPD di Distrik Teluk Ampimoi, guna menyerahkan 7 guru CPNS Formasi 2018 yang ditempatkan di SMP Warironi, sekaligus mengecek prasarana pembangunan jalan dan jembatan yang sedang dikerjakan.

Dalam kegiatan Sosialisasi TP PKK ini juga hadir Kepala Distrik Teluk Ampimoi bersama staf, kepala kampung bersama kaur Kampung, seluruh TP PKK distrik dan kampung, serta warga masyarakat.

(Foto & Vidio: Robby Mesak).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *