Wabup Frans Hadiri Ibadah peletakan batu pertama pembangunan gedung baru GKI Hosana Kontiunai

Reporter : Robby Mesak

Yawakukat – Senin, 8/03/2021, Telah dilaksanakan Ibadah Syukur peletakan batu pertama pembangunan gedung gereja baru GKI Hosana Kontiunai yang bertempat di Distrik Yawakukat Kabupaten Kepulauan Yapen.

Dalam ibadah tersebut turut hadir Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos., MBA., Frokompinda, Ketua Komisi III DPRP Papua, Benyamin Arisoi, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Yohanis Raubaba dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Fredolin Warkawani didampingi Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Roy Palunga, Sulistyowati Rumbekwan, Ronny Worabay, Melianus Wayangkau, Yunus Waimuri, Yulens Ayomi, Kadis. Perikanan Kabupaten Kepulauan Yapen, Daniel Reba, SE. Kadis Kominfo Kabupaten Kepulauan Yapen, Wellem Zaman Bonay, Kabag Kesra. Setda Kabupaten Kepulauan Yapen, Kristian G. Berotabui, S.IP., Sekretaris Distrik Yawakukat, Gayus Abihut Mara, SE., Wakil Ketua Badan Pekerja Klasis Yapen Selatan, Pnt. Isak Semuel Prawar, para jemaat GKI Hosana Kontiunai dan juga para undangan.

Ibadah ini dipimpin langsung oleh Pdt. Salmon Wamea. SM.Th., dimana ia menyampaikan bahwa ibadah ini merupakan wujud syukur penyertaan Tuhan dalam memulai pembangunan gedung gereja baru GKI Hosana Kontiunai dan juga sekaligus memperingati 59 Tahun YPK (Yayasan Pendidikan Kristen) di Tanah Papua.

Selepas ibadah acara peletakan batu pun dilakukan, dimana secara berurutan diawali dari Pdt. Salmon Wamea, SM.Th selaku pelayan ibadah dan dilanjutkan Pemerintah Daerah oleh Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA, Wakil Ketua BP Klasis Yapsel, Pnt. Isak Semuel Prawar, Wakil Ketua I pengurus masyarakat Adat Yapen, Yunus Waimuri, Ketua Komisi III DPRP Papua, Benyamin Arisoi selaku Donatur dan ditutup oleh Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Yohanis G. Raubaba.

Wakil Bupati Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA, secara langsung menyampaikan selamat atas peletakan batu pertama yang telah dilaksanakan.

“ Atas nama pemerintah daerah, saya menyambut baik serta menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas upaya yang dilakukan jemaat GKI Hosana Kontiunai untuk membangun gedung gerejanya yang baru, dan sebagai orang percaya, kita yakini bahwa, peletakan batu pertama hari ini, adalah pertanda bahwa, Tuhan telah merestui dan akan terus menyertai jemaat GKI Hosana kontiunai dalam mengerjakan seluruh tahapan pekerjaan pembangunan gedung gereja ini, sebagaimana telah kita lakukan bersama-sama saat ini”.

Wakil Bupati Frans berharap peletakan batu pertama hari ini, tidak hanya sekedar dipandang sebagai ceremoni biasa, melainkan perlu juga dimaknai sebagai ikatan perjamuan Jemaat kepada Tuhan, guna melaksanakan pembangunan gedung gereja ini dengan segala kesungguhan hati dan kerja keras, serta dengan iman dan pengharapan pada kuasa dan campur tangan Tuhan, mulai dari awal hingga selesai.

Dirinya berpesan, bekerja dengan semangat dan penuh rasa sukacita, rela berkorban untuk kepentingan pembangunan gedung gereja ini, serta terus berdoa meminta pertolongan Tuhan, karena dengan demikian, maka saya optimis pekerjaan pembangunan gedung gereja ini bisa berjalan dengan lancar dan diselesaikan indah pada waktu-Nya.

“Pemerintah juga sangat berterima kasih apabila pembangunan yang dilaksanakan bisa berjalan sampai berdirinya gedung gereja yang diharapkan, sebab dengan demikian Jemaat akan dinilai berhasil dalam melaksanakan salah satu tanggung jawabnya yaitu adalah menyediakan tempat yang layak bagi warga Jemaat nya untuk memuliakan kebesaran nama Tuhan.” ujarnya.

Sementara itu ketua komisi III DPRP Papua, Benyamin Arisoi sebagai donatur menyampaikan aspirasi dan mengatakan agar panitia dan jemaat GKI Hosana Kontiunai harus punya komitmen dan manajemen yang baik dalam mengerjakan pembangunan gedung gereja baru, karena potensi terbesar adalah warga Jemaat, sementara pemerintah dan donatur hanya sebagai pelengkap.

Wakil Ketua BP Klasis Yapsel, Pnt. Isak Semuel Prawar dalam sambutannya juga mengatakan atas nama badan pekerja klasis Yapsel menyampaikan aspirasi bagi pemerintah daerah dan para donatur serta warga Jemaat GKI Hosana Kontiunai, dimana 94 Tahun Jemaat GKI Hosana Kontiunai berdiri, jemaat yang lahir pada tanggal 30 Juni 1927 oleh pekabaran Injil yang dibawakan oleh Stefanus Rumbewas dan berdirinya jemaat ini sudah melewati delapan kali proses pembangunan gedung gereja hingga saat ini.

Pada kesempatan ini kami Pemerintah Daerah memberikan sumbangan bagi Jemaat GKI Hosana Kontiunai sebesar Rp. 100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah) sebagai modal awal untuk memulai pembangunan gedung gereja ini dan bantuan semen 500 Sak dari Ketua Komisi III DPRP Papua, Benyamin Arisoi, 50 sak semen dari ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Yohanis G. Raubaba, dari pengurus masyarakat dewan adat Yapen memberikan bantuan berupa 100 sak semen dan 100 lembar seng, 10 sak semen, serta 10 lembar seng oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Yunus Waimuri dan para wartawan Yapen 20 sak semen.

(Foto – Vidio : Vijay Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *