Kirab Obor Pantekosta di Yapen Selatan

Reporter: Andrew Woria

Serui – memasuki 1 Abad (100 Tahun) Gereja Pantekosta di Indonesia disambut dengan sukacita. Tanpa terkecuali di tanah Papua yang memasuki usia ke 73 tahun dan secara khusus di Kabupaten Kepulauan Yapen yang ke  62 Tahun. Kirab Obor Pantekosta ini diterima langsung oleh Pdt. Sofientje Dawir pada hari Sabtu, 27/02/2021 yang di dampingi langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos di lokasi Jembatan 3000 Serui. Sebelumnya pada hari Jumat Malam pukul 20.00, WIT, Obor Pantekosta telah tiba di Kampung Kawipi Distrik Kepulauan Ambai dari Kabupaten Waropen. Obor ini pun di kirab menuju ke lokasi gedung gereja GPdI Ekklesia Serui Kota, di iringi puji pujian kepada Tuhan atas usia pelayanan GPdI.

Dalam kesempatan Sambutan Bupati Kepulauan Yapen yang dibacakan oleh Asisten 1 Pemerintahan, Portunatus Numberi menjelaskan bahwa  atas nama pemerintah daerah memberikan penghargaan kepada jemaat – jemaat GPdI atas hubungan kerja sama dengan pemerintah daerah serta pelayanan sejak berdirinya GPdI selama 73 tahun di Tanah Papua, secara khusus yang berkontribusi bagi pembangunan di kabupaten Kepulauan Yapen.

“Pelaksanaan kirab obor Pantekosta dari Bali,  perlu disambut dan di dukung oleh pemerintah daerah karena pertanda akan persatuan gereja Pantekosta yang masih eksis hingga masuki usianya di tahun ini.” ucapnya.

Pemerintah Daerah juga berharap agar Melalui momentum ini agar dapat memberikan semangat kebersamaan dalam pelayanan GPdI untuk terus berkobar seperti nyala api obor Pantekosta demi kemuliaan nama Tuhan di tanah papua dan secara khusus di Kabupaten Kepulauan Yapen ujarnya. Usai ibadah di gedung Gereja GPdI Ekklesia, Pemerintah Daerah juga diberikan kesempatan untuk meletakkan Kerans Bunga di Pusara Pionir Gereja, Alm. Pdt Mesakh Dawir yang berlokasi di Halaman Gedung Gereja. Usai itu, Asisten 1 pun melepaskan Rombongan Kirab Obor Api Pantekosta dilanjutkan penyerahan Obor dari Gembala Jemaat GPdI Ekklesia, Pdt Sofientje Dawir kepada Sekertaris 4 Majelis Daerah GPdI, Pdt. Luther Ayomi untuk di arakan menuju Ke Pantura selanjutnya menuju ke Kabupaten Biak Numfor.

Untuk diketahui perayaan Kirab Obor Pentakosta di Papua ini berjalan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

(Foto dan Video : Tim Liputan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *