BBI Yapen Siap memberikan Pelayanan Pelatihan bagi Pembudidaya Ikan Tawar

Reporter : Robby Mesak

Serui – Dinas Perikanan dan Kelautan Kepulauan Yapen, Kamis, 25/02/2021 Dalam kegiatan pendistribusian benih bibit ikan air tawar kepada 31 orang pembudidaya, diantara salah satu siswi SMK Kainui yang pernah menjadi siswi PKL di Balai Bibit Ikan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Daniel Reba, SE selaku kepala Dinas Perikanan dan Kelautan mengatakan, siswi SMK Kainui tahun 2019 atas nama Ema Lusiana Sayuri, yang melakukan PKL di Dinas Perikanan dan Balai Bibit Ikan, setelah masa PKL atau praktek ada kebijakan dinas yang memberikan mereka sejumlah benih bibit ikan tawar, untuk penyerapannya di rumah atau tempat mereka masing-masing.

“Puji syukur, saya bersama staf pengembangan dan penyuluh, kita sudah melakukan tinjauan kembali dan melihat langsung mereka sudah membuat kolam dan melakukan pemijahan, itu pertanda bahwa apa yang mereka pelajari di BBI bisa bermanfaat untuk mereka, agar bisa diimplementasikan bagi keluarga dan kerabat.”

Ditambahkannya, Balai Bibit Ikan ini disiapkan dan dilengkapi guna menjadi tempat untuk belajar dan penyedia bibit bagi siapa saja yang mau datang untuk belajar, di tahun 2020 kami sudah menerima siswa siswi dari SMP N 2 Serui, siswa Praktek dari Waropen dan SMK kelautan dari Ansus.

Ketika di jumpai media, Ema Lusiana Sayuri selaku Alumni SMK Kainui yang pernah melaksanakan PKL atau Praktek lapangan di BBI mengatakan setelah selesai, dirinya telah melakukan budidaya ikan tawar, yang awalnya 1 kolam ikan hingga sekarang menjadi 4 kolam dengan sudah melewati berapa kali proses pemijahan.

Ema berharap agar, adik-adik SMK Kainui, juga bisa menerapkan apa yang sudah di pelajari di sekolah dan di tempat PKL agar, ilmu itu bisa di implementasikan lewat budidaya ikan tawar dsbnya. Ema juga menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan juga bisa dilakukan bagi adik-adik SMA dan pemuda- pemudi yang memiliki niat sebagai pembudidaya ikan.” ujarnya.

(Foto-Vidio – Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *