Pertemuan Antara Anggota Komisi I DPR RI, dengan Pemda.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen melakukan Pertemuan langsung bersama Anggota Komisi I DPR RI, Yan P. Mandenas, serta Tenaga Ahli Deputi V Kantor Staf Presiden, Laus Rumayom. Pertemuan kali ini berlangsung di ruang rapat setda kabupaten Kepulauan Yapen pada hari Senin, 22/02/2021.

Sekretaris Daerah Ir. Alexander Nussy, MM kepada media mengatakan bahwa pertemuan tersebut membahas menyangkut Bidang Tugas komisi I, antara lain yaitu mengenai BTS, dimana di Kepulauan Yapen direncanakan akan dibangun 115 BTS yang menyebar di 16 Distrik. Hingga kini tengah mempersiapkan data-data berupa lokasi dan kordinatnya. Pembahasan lainnya adalah terkait revisi Otsus yaitu dengan memberikan saran kepada pemerintah pusat. Dirinya pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun Kepulauan Yapen ke depannya.

Sementara itu Tenaga Ahli Deputi V Kantor Staf Presiden, Laus Rumayom menjelaskan bahwa dirinya diminta oleh DPR RI untuk hadir bersama di Papua dalam rangka mengevaluasi. Dimana hasil evaluasi pembangunan Papua ini juga akan dilaporkannya langsung kepada Presiden. Salah satu tugas yang diembannya juga adalah mendampingi kepala kepala daerah di Papua dan Papua Barat secara khusus dalam mengelola pemerintahan dengan baik. Salah satu tugasnya juga adalah memastikan instruksi presiden Nomor 9 tahun 2020, dalam rangka percepatan kesejahteraan di provinsi Papua dan Papua Barat harus segera dikerjar, sehingga sudah menjadi tugasnya bersama DPR, untuk memastikan Pemerintah Daerah bersama Masyarakat siap untuk menjalankan program pembangunan berbasis kebijakan-kebijakan.

” Anggaran tersedia, kewenangan tersedia, tetapi mengapa masyarakat selalu mengeluh dengan persoalan pembangunan di daerah. Ini juga cukup merepotkan bapak Presiden dan para pengambil keputusan, karena seolah-olah di daerah ini tidak ada anggaran, tetapi kenyataannya kita melihat banyak uang khas di Papua ini dikembalikan.” Ujarnya.

Usia bertemu dengan Pemerintah Daerah,  Anggota Komisi I DPR RI ini juga bertemu dengan masyarakat secara langsung, guna mendengarkan aspirasi masyarakat tentang Jaringan Internet dan Otsus. Sebelumnya juga rombongan anggota DPR RI ini melakukan kunjungan kerjanya di Supiori, Biak, Waropen dan kemudian bertolak menuju Kabupaten Kepulauan Yapen.

(Foto : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *