Pemkab Yapen lakukan Vaksinasi Covid 19 tahap 1

Reporter : Andrew Woria

Serui – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen secara resmi melakukan Pencanangan Vaksinasi Covid 19 di halaman Apel Kantor Bupati Kepulauan Yapen. Kegiatan ini dibuka langsung oleh  Sekertaris Daerah, Ir. Alexander Nussy MM  pada hari Jumat, 19/02/2021. Dalam arahan nya kali ini, Sekda Ir.Alexander Nussy MM menyampaikan Ucapan Terima kasih kepada Forkompinda yang telah menjemput vaksin dan hari ini boleh melakukan pencanangan. Dalam laporan sementara dari dinas kesehatan  menjelaskan bahwa hingga pagi 19/02/2021 ini sudah 16 pegawai dinkes yang telah di vaksin sebagai contoh bagi warga masyarakat. Ia berharap proses Vaksin dapat berjalan khusus bagi Forkompinda, Pimpinan OPD, tokoh adat, Tokoh Masyarakat.

Usai membuka pencanangan Vaksin Covid 19, sejumlah Influencer yang terdiri dari Forkompinda serta pimpinan OPD melakukan tahapan Vaksinasi yang diawali dari Meja 1 (pendaftaran) dengan memasukan KTP, usai mendaftar selanjutnya penerima vaksin menuju ke meja 2 Pemeriksaan PTM (Penyakit Tidak Menular)serta dilakukan pengambilan sampel dan pemeriksaan Darah. Dari meja ke 3 untuk dilakukan tensi serta interview dengan memperhatikan hasil skrining awal  dan selanjutnya pasien diarahkan ke meja 4 untuk menerima suntikan Vaksin.

Dandim 1709 Yawa, Letkol. inf. Leon Pangaribuan usai menerima Vaksin menjelaskan bahwa ia tidak merasakan efek apa apa setelah di vaksin. Dirinya pun juga meminta masyarakat tidak perlu termakan isu isu soal vaksin yang tidak benar, karena Pemerintah adalah wakil Tuhan di bumi sehingga tidak mungkin Pemerintah menyusakan warga nya.

Selain itu, Inspektur Kabupaten Kepulauan Yapen, Jan Alex Kiriwenno sebagai salah seorang Influencer juga menambahkan bahwa ia bersyukur karena di kabupaten Kepulauan Yapen telah melaksanakan Vaksin Tahap 1 proses ini menurutnya adalah hal yang biasa saja dan berjalan dengan baik. Ia berpesan kepada seluruh ASN agar bisa mengambil bagian untuk keselamatan bersama. Hal serupa juga dirasakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Yapen, Ronny Theo Ayorbaba,  yang turut mengajak warga pelaku perjalanan untuk tidak usah ragu mengikuti tahapan vaksin nantinya.  Ia juga meminta agar operator perhubungan serta pelaku perjalanan agar beramai ramai mensukseskan vaksin covid 19. Selanjutnya para Influencer ini akan menerima Vaksin Tahap 2 pada tanggal 05 Maret 2021 mendatang.

Sejumlah Forkompinda dan Kepala OPD menjadi Influencer pertama diantaranya adalah, Dandim 1709 Yawa, Letkol. Inf. Leon Pangaribuan, Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP. Abdullah Wakhid P. Utomo, Kepala Kejaksaan Negeri Serui, Marcelo Bella, Ketua Pengadilan Negeri Serui Daniel Masang, serta Pimpinan OPD.

(Foto dan Video : Muhammad Vijay Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *