Ini Pesan Pemerintah, dalam Raker  IV Klasis Yapen Selatan 2021.

Reporter : Robby Mesak

Serui – Asisten I Tata Pemerintahan Kepulauan Yapen, Portunatus Numberi, SE, didampingi Kepala Inspektorat Alex Kiriweno, Kepala kantor Agama Serui, menghadiri pembukaan Rapat Kerja Ke IV Klasis GKI Yapen Selatan, yang berlangsung di Gedung GKI Yeziel Anotaurei pada hari Selasa, 09/02/2021.

Rapat Kerja IV Klasis GKI Yapen Selatan, yang diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Ibu Pdt. Evelin H. Tanamal, S.Si, dengan sorotan thema “Datanglah KerjaanMu” Matius 6:10a, menata pelayanan dan bertekad terus memberitakan injil ditengah dunia dan masyarakat menuju kedewasaan iman untuk menjawab tantangan zaman.

Dalam sambutan Bupati kabupaten Kepulauan Yapen yang dibacakan langsung oleh Portunatus Numberi, SE, dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi kepada BP AM  Sinode GKI di Tanah Papua dan BPK Klasis Yapsel atas teselenggaranya Raker IV GKI Klasis Yapen Selatan.

“Rapat kerja tingkat klasis seperti ini dipandang penting sebagai forum strategis dalam rangka pembahasan bersama sekaligus evaluasi terkait dengan program kerja dan keuangan gereja tahun 2020 pada masing-masing Klasis GKI, guna terwujud peningkatan kualitas pelayanan, pembinaan begitu juga kemandirian jemaat untuk tahun 2021.”

Asisten I berharap, melalui raker klasis tahun ini dapat menghasilkan program kerja gereja yang lebih baik lebih inovatif dan tepat sasaran baik itu untuk aspek pekabaran injil, maupun perekonomian dalam membangun jemaat yang mandiri serta program yang terkait dengan pelaksanaan sidang sinode yang akan datang. selain itu, sebagai mitra kerja pemerintah kita juga berharap, program kerja yang ditetapkan dalam raker ke-IV ini memiliki sinergitas dan kontribusi terhadap program kerja pemerintah daerah demi mendukung percepatan visi pembangunan Kepulauan Yapen yang lebih nyaman, lebih maju dan lebih sejahtera.

Ada 2 (dua) hal penting yang perlu menjadi perhatian dalam pembahasan raker ke-IV klasis GKI Yapen Selatan hari ini:

Pertama, Gereja terus berperan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran bagi warga jemaatnya agar tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dan berpartisipasi pada pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang tak lama lagi akan segera kita lakukan di kabupaten Kepulauan Yapen.

kedua, di usia pekabaran injil yang ke 166, semangat dan loyalitas para pelayan dan hamba Tuhan dalam memberitakan injil menuju peningkatan kualitas iman warga jemaat GKI di Tanah Papua.

Selain itu Ibadah Raker IV GKI Yapen Selatan juga dihadiri oleh, Anggota BP.AM Sinode GKI Wilayah IV Saireri, Pdt. Kakiaya, Frokopimda, Ketua dan Anggota BPK Klasis Yapen Selatan, Ketua PSW YPK, Orgenes Runtuboy, Kadistrik Anotarei, perwakilan Kodim 1709 Yawa dan Polres Yapen, serta 43 Jemaat di Wilayah Klasis Yapen Selatan.

Raker ini dibuka secara langsung oleh Anggota BP.AM Sinode GKI Wilayah IV Saireri, Pdt. Kakiaya dimana dalam sambutannya, BP.AM Sinode GKI Wilayah IV mengatakan bahwa Raker dapat berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga kepada para peserta akan dibatasi waktunya.

“Mari kita bersyukur pertama tama untuk melakukan rapat kerja ini sebagai Agenda tetap,  jangan kita bicara banyak disini tetapi tidak  menghasilkan yang baik.” Tuturnya.

Dalam rapat ini akan mengevaluasi seluruh program program yang sudah dilakukan di tahun 2020 serta yang belum terlaksana serta membuat rancangan program di tahun 2021.  Menurutnya di tahun 2021, ada 3 hal yang menjadi Fokus GKI. Antara lain,

1. Pengembangan Ekonomi. Hal ini sinkron dengan pemerintah daerah. Sehingga dalam raker ini, harus ada solusi yang baik bagi jemaat dan Klasis.
2. Pekabaran injil adalah Roh Gereja serta.
3. Persiapan Sidang sinode GKI Di Tanah Papua dimana akan berlangsung di Kabupaten Waropen, namun telah sepakat bahwa wilayah IV adalah tuan rumahnya.

BPAM juga menginstruksikan kepada seluruh klasis agar dapat menciptakan program yang real, selamat melaksanakan rapat kerja ke-iv klasis GKI Yapen Selatan tahun 2021. semoga berjalan sukses dan membuahkan hasil yang optimal.

(Foto – Vidio : Yosep Tabamolu – Vjiay Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *