Plt. Kadisperindag Siap Aktifkan Pasar Tatui.

Reporter : Andrew Woria

Tatui – Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Tania bersama Sekretaris Dinas, serta sejumlah Kabid nya melakukan Tinjauan langsung Bangunan Pasar di Tatui pada hari Selasa, 02/02/2021. Kepada Media, Erny menjelaskan bahwa kedepannya pasar tersebut akan dibuka dan dioperasikan untuk masyarakat dari pegunungan muman, serta sejumlah Kampung di pesisir distrik Kosiwo. Hal ini juga telah disampaikan nya juga kepada Bupati serta mendapatkan persetujuan. Dalam kunjungan nya langsung untuk melihat bangunan fisik pasar, dimana ada 15 petak bagi pengusaha yang akan melaksanakan usaha disana termasuk ada sejumlah pengusaha asli Papua.

Sebelumnya dirinya menjadwalkan pengoperasian pasar tatui pada tanggal 6/02/2021, namun dengan meninjau langsung kondisi bangunan dan lokasi pasar, maka dipastikan pasar ini belum bisa di buka pada tanggal tersebut.

” Setelah melihat kondisi tadi, masih sangat jauh sekali dan belum siap. Pintu pintu nya juga masih rusak, belum ada rak rak nya, rumput nya juga masih tinggi sekali, mungkin rencana kami di hari sabtu nanti belum bisa. Kita berharap mungkin ke Minggu depannya lagi dilakukan pembersihan dulu. ” Tuturnya.

Pasar Tatui ini direncanakan nantinya akan dibuka 2 kali dalam seminggu serta akan di isi oleh masyarakat disekitar Kosiwo, dan 5 kampung di Pegunungan Muman, dengan model seperti pasar Menawi, untuk waktu opening pasar ini akan diatur kemudian. Setelah bangunan kiosnya disiapkan  tuturnya.

(Foto : Andrew Woria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *