Vaksinasi, Kepulauan Yapen masuk Tahap 2 di Bulan Februari 2021

Reporter : Andrew Woria

Serui – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen dijadwalkan akan mulai melaksanakan tahapan Vaksinasi pada Bulan Februari tahun 2021. Hal ini dijelaskan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen Karolis Tanawani, M. Kes dalam Rapat Terbatas bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen pada Kamis, 21/01/2021. Kaitan dengan vaksin, untuk Yapen masuk dalam tahap ke dua setelah kabupaten penyangga di provinsi. Gelombang ke dua sekitar bulan depan. Yang jadi persoalan adalah diminta untuk mencari 10 influencer dari para pejabat di Daerah. ini tentunya bahwa pelaksanaan vaksin ada screeningnya. Tentunya dalam rangka mengantisipasi penyakit bawaan harus ada Pemeriksaan. Yang jadi soal adalah harus ada Pembentukan pokja Tipi. Vaksin adalah salah satu cara untuk mencegah dari Penyebaran covid 19 tuturnya.

Kadinkes juga melaporkan bahwa Kasus terkonfirmasi positif sejak 2020 hingga saat ini telah mencapai 228 Orang Pasien. Sementara Jumlah Kasus

Yang meninggal sebanyak 7 Orang, dimana 5 Orang di Tahun 2020, dan Tambahan 2 Orang di 2021. Yang menjalani isolasi mandiri berdasar hasil swab dan rapid tes antigen ada 43 Orang, yang sembuh sebanyak 178 Orang. Menurut nya bahwa dengan melakukan rapid tes antigen, menunjukkan bahwa sudah 92 % terdeteksi covid 19.

Tetkait kasus smp 1, pihak nya telah dilakukan traking dari 1 orang menjadi 10 orang dan semuanya positif. Maka yang perlu menjadi pembicara serius adalah pasien yang suspek dan isolasi mandiri bisa dilakukan di rumah, tetapi  yang jadi soal adalah pasien positif yang butuh dirawat, maka diperlukan ruangan isolasi untuk difungsikan kembali. 

(Foto : Andrew Woria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *